Timnas Inggris Hanya Perlu Mental untuk Juarai Piala Eropa

164

redaksi.co.id – Timnas Inggris Hanya Perlu Mental untuk Juarai Piala Eropa

Mantan pemain bintang Timnas Spanyol, Xavi Hernandez memprediksi Piala Eropa 2016 bisa menjadi milik Timnas Inggris. Mantan gelandang serang Barcelona itu mengatakan Timnas Inggris hanya memerlukan mental untuk menghindari tekanan besar agar bisa membawa pulang Piala Eropa.

Xavi menilai, kondisi Timnas Inggris saat ini sama seperti yang pernah dialami Timnas Spanyol pada era 2008 sampai 2012. Di masa itu, dikatakan pemain yang saat ini merumput di Liga Qatar tersebut, Timnas Spanyol punya generasi emas sepak bola sehingga tak kesulitan mencari pemain di semua lini.

Menurut Xavi, terbukti dengan keberhasilan Timnas Spanyol menjuarai Piala Eropa dua kali pada 2008 dan 2012. Juga memenangi Piala Dunia 2010. Sementara generasi emas Timnas Inggris sudah lewat. Yang ada saat ini, timnas besutan Roy Hodgson itu punya segudang pemain dengan talenta tinggi.

Akan tetapi, Xavi belum punya mental juara. “Mereka (Timnas Inggris) punya pemain-pemain yang sangat bagus. Tapi saya tidak berpikir yang sama untuk mereka bisa dengan mudah memenangkan kompetisi ini (Piala Eropa),” katanya kepada the Mirror seperti dilansir ESPN FC, Sabtu (26/3).

Inggris saat ini disebut Xavi punya pemain seperti Harry Kane, Raheem Sterling, Dele Alli dan juga bintang baru Leicester City, Jamie Vardy. Memang dikatakan Xavi, mereka itu tak segemilang di era Frank Lampard, Paul Scholes, David Beckham, dan juga Steven Gerard. “Jika mereka (Timnas Inggris) punya pemimpin di lapangan, mereka akan punya kesempatan,” kata Xavi.

Inggris belum pernah sekalipun mengangkat tropi Piala Eropa. Prestasi paling tinggi Timnas Inggris di Piala Eropa cuma sempat berada di urutan kedua pada 1996. Dan pada 2004 dan 2012 menembus perempat final. Catatan prestasi tertinggi Timnas Inggris, terjadi pada 1966 ketika memenangi Piala Dunia.

(red/ainin/adziroh/LN)

loading...

Comments

comments!