10 Cara Kelola Keuangan Secara Kreatif

redaksi.co.id - 10 Cara Kelola Keuangan Secara Kreatif Anda pasti pernah mendengar istilah spend smart, save smart. Istilah ini pasti sering Anda dengar sebelumnya. Anda tidak...

19 0

redaksi.co.id – 10 Cara Kelola Keuangan Secara Kreatif

Anda pasti pernah mendengar istilah spend smart, save smart. Istilah ini pasti sering Anda dengar sebelumnya.

Anda tidak menghabiskan lebih dari apa yang Anda butuhkan, kemudian simpan berapa pun yang Anda bisa. Untungnya lagi, di abad ke-21 ini terdapat beragam teknologi cerdas yang bisa memberi kita banyak bantuan berupa tools untuk menghemat keuangan di masa depan.

Berikut ini merupakan daftar cara-cara kreatif yang bisa membuat sistem keuangan di tabungan Anda menjadi lebih efisien, seperti dikutip dari www.cermati.com, Jumat (25/3/3016).

1. Membuat Semuanya Otomatis

Hampir setiap bank akan membiarkan Anda membuat sebuah sistem yang secara otomatis dapat menambahkan sedikit uang ke rekening tabungan setiap kali Anda membayarkan sesuatu dengan kartu debit tersebut. Dengan tabungan secara otomatis ini, dijamin Anda akan bisa menghemat uang.

2. Meminta Bunga yang Lebih Rendah

Anda bisa meminta tingkat bunga yang lebih rendah kepada beberapa perusahaan kartu kredit yang Anda gunakan. Hal ini bisa membuat masalah pembayaran bunga pada tagihan Anda bisa menjadi sedikit berkurang.

3. Menggunakan Uang Tunai

Sebaiknya alokasikan beragam kebutuhan tiap minggunya menggunakan uang tunai. Anda bisa mengalokasikan jumlah tertentu untuk kebutuhan makanan, transportasi, hiburan, dan lainnya dalam hitungan secara tunai. Tuliskan secara detail apa saja dan berapa dana yang harus Anda keluarkan tiap minggunya.

4. Melakukan Penghematan Listrik

Anda bisa melakukan penghematan melalui kesadaran diri dalam mematikan pemakaian listrik. Selain menghemat, hal ini juga berdampak baik bagi kesehatan bumi.

Sebaiknya matikan berbagai peralatan elektronik Anda saat tidak diperlukan, seperti lampu, TV, komputer, laptop, dan lainnya. Jika Anda sering lupa, gunakan sistem timer yang ada pada alat-alat tersebut.

5. Matikan AC Apabila Tidak Diperlukan

Apabila Anda merasa gerah, Anda bisa mencoba angin alami yang masuk melalui jendela. Sehingga Anda tidak perlu menggunakan AC terlalu sering. Selain mengurangi biaya pengeluaran listrik, Anda juga bisa menikmati angin alami yang lebih sehat.

6. Beralih pada Lampu Hemat Energi

Pencahayaan memang cukup penting bagi suasana sekitar rumah atau kantor Anda, sehingga Anda memutuskan untuk memakai beragam lampu terang yang memakan energi cukup banyak.

Mulai dari sekarang, sebaiknya Anda lebih pikirkan mengenai pentingnya tabungan Anda di masa depan. Dengan mengganti lampu tersebut dengan lampu yang lebih hemat energi, maka akan ada banyak uang yang terselamatkan.

7. Melakukan Barter Pakaian

Anda ingin memiliki baju baru? Baju baru tidak harus pakaian yang benar-benar baru Anda beli dari toko. Anda bisa mencari cara seru dan kreatif mengenai hal ini.

Undang teman-teman Anda yang memiliki keinginan serupa untuk melakukan barter pakaian. Dengan cara ini, kalian bisa mendapatkan baju baru sekaligus penghematan karena tidak mengeluarkan uang sepeserpun.

8. Memantau Diskon dari Berbagai Situs Diskon

Untuk mendapatkan barang-barang dengan harga terjangkau, sebaiknya Anda rajin melakukan pengecekan terhadap beberapa situs yang memberikan banyak diskon, misalnya saja situs sejenis Groupon.

Jika menggunakan situs semacam ini, Anda harus memastikan bahwa kupon yang Anda beli benar-benar akan digunakan. Jangan sampai kupon tersebut hanya terbuang sia-sia. Dengan cara seperti ini, Anda bisa melakukan penghematan yang dapat dialokasikan pada beberapa kebutuhan lainnya.

9. Melakukan Olahraga Sederhana

Apakah biasanya Anda mengikuti gym pada beberapa tempat gym yang mewah? Jika ya, Anda bisa membatalkan dan menggantinya dengan olahraga yang lebih sederhana. Anda bisa tetap berlatih dan berolahraga dengan berlari.

Dengan cara seperti ini, Anda bisa tetap sehat dengan produktif. Selain itu, Anda juga bisa menyimpan banyak uang yang biasanya dikeluarkan untuk gym.

10. Menjual Barang-Barang yang Tidak Terpakai

Apakah Anda memiliki barang-barang bekas yang tidak terpakai? Baik itu pakaian, peralatan dapur, peralatan elektronik, majalah, buku, dan lainnya. Sebaiknya segera jual barang-barang tersebut agar tidak memenuhi ruangan Anda.

Anda bisa menjualnya di tempat-tempat yang menerima barang bekas maupun toko online yang menawarkan jasa pemasangan iklan untuk hal tersebut. Setelah menjual, Anda pasti akan terkejut karena sampah tersebut dapat dikonversi menjadi uang tunai.

Jangan Gunakan uang Anda Secara Sia-Sia

10 cara mengelola keuangan secara efektif dan kreatif di atas bisa Anda lakukan. Ingat, jangan melakukan hal-hal konyol yang justru bisa membuat keuangan Anda melemah.

Setelah berhasil menyimpan atau mengumpulkan uang dari cara-cara di atas, segera pikirkan dan putuskan apa yang akan Anda lakukan dengan uang tersebut. Apakah akan digunakan untuk memulai bisnis, melanjutkan pendidikan, memesan paket liburan, atau lainnya? (Ahm/Ndw)

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!