Percakapan Terakhir FlyDubai

redaksi.co.id - Percakapan Terakhir FlyDubai Televisi Rusia menyiarkan kata-kata terakhir pilot FlyDubai beberapa detik sebelum pesawat menghantam landasan dan hancur berkeping-keping, Sabtu (26/3). Pesawat Boeing 737...

30 0

redaksi.co.id – Percakapan Terakhir FlyDubai

Televisi Rusia menyiarkan kata-kata terakhir pilot FlyDubai beberapa detik sebelum pesawat menghantam landasan dan hancur berkeping-keping, Sabtu (26/3). Pesawat Boeing 737 ini meledak jadi bola api dan menewaskan seluruh penumpang juga kru sebanyak 62 orang.

Pada Jumat malam, saluran Rossiya-1 melaporkan mereka telah menerima transkrip percakapan terakhir pilot di dalam kokpit. Transkrip diperoleh dari sumber di komisi penyelidikan yang punya akses ke rekaman suara pesawat.

Transkrip menunjukan pilot kehilangan kendali pesawat setelah mematikan sistem autopilot. “Jangan khawatir,” kata pilot berulang ulang. Tak lama seorang pilot lain mengatakan “Jangan lakukan itu!”. “Angkat!” adalah kata-kata yang terus diulang hingga terdengar suara teriakan.

Rossiya-1 melaporkan enam detik terakhir yang bisa terdengar adalah teriakan memilukan. Menurut pakar, bukan dari pihak resmi, pilot seperti tidak sengaja mengaktifkan sirip di ekor pesawat ketika mencoba mengangkat pesawat pada posisi horizontal.

Ketika sirip ini diaktifkan, pesawat tidak bisa merespon panel kendali. “Pilot jelas tidak mengerti bahwa penyeimbang itulah yang membuat pesawat menukik tajam,” katanya. Penyidik telah meluncurkan penyelidikan terkait penyebab kecelakaan apakah cuaca buruk, kesalahan teknis atau kesalahan pilot. Pihak berwenang belum menanggapi laporan ini.

(red/ochman/rief/RA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!