Ingin Sukses Rintis Usaha, Lakukan Beberapa Langkah Ini

redaksi.co.id - Ingin Sukses Rintis Usaha, Lakukan Beberapa Langkah Ini JAKARTA - Para pemula yang membangun usaha dari nol agar mampu bertahan di segala situasi dan...

12 0

redaksi.co.id – Ingin Sukses Rintis Usaha, Lakukan Beberapa Langkah Ini

JAKARTA – Para pemula yang membangun usaha dari nol agar mampu bertahan di segala situasi dan kondisi, perlu menerapkan beberapa strategi.

Chairman Trasnco Research Tri Raharjo memberikan enam saran penting agar bisnis yang Anda jalankan, terutma Anda pengusaha kecil dan menengah (UKM) dapat survive hingga meraih sukses.

Pertama, Anda perlu memiliki keunggulan dari produk yang dijualnya, jika hasil produknya lebih unggul dibanding lainnya maka dapat dikatakan usaha Anda memiliki daya saing.

“Prinsip dalam berbisnis adalah menjual produk dan jasa, ini perlu punya keunggulan dari lainnya,” ucap Tri di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kedua, strategi pricing atau penerapan harga. Tri menyarankan agar, harga jual sebaiknya lebih murah dibandingkan pemain yang telah lama ada di pasar dan sudah dikenal oleh masyarakat.

“Ketiga, rata-rata yang berhasil membangun bisnis adalah punya mindset yang baik dan yang tepat, bagaimana bisnis bisa berdampak secara sosial, secara tim, dan karyawan,” ujarnya.

Keempat, sebagai pelaku usaha Anda perlu mengetahui target pasar yang akan Anda tuju. Jangan sampai salah sasaran yang akhirnya produk tersebut tidak mendapatkan respon baik atau tidak laku.

Tri menilai, memasuki pasar dengan produk yang tepat akan memudahkan pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya lebih luas.

Strategi kelima, manfaatkan perkembangan teknologi yang kini sudah berkembang sedemikian canggih. Misalnya, yang paling sederhana, memasarkan produk-produk melalui media sosial.

“Melalui media sosial secara cost dapat ditekan dan efektitifitas bisa diukur, intinya biayanya lebih efisien,” katanya.

Saran keenam atau terakhir dari Tri adalah, Anda harus membangun standar operasional prosedur (SOP), mulai dari sisi produk, pemasaran, hingga keuangan.

“Jika poin-poin ini sudah dikuasai, bisnis kita dapat bertumbuh,” Tri meyakinkan. Anda siap menerapkan?

(red/ainin/adziroh/LN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!