Sejarah Nomor Punggung 14 Milik Johan Cruyff

redaksi.co.id - Sejarah Nomor Punggung 14 Milik Johan Cruyff Legenda sepak bola dunia dan Belanda, Johan Cruyff tutup usia Kamis (24/3/2016). Hari kematian Cruyff bertepatan dengan...

27 0

redaksi.co.id – Sejarah Nomor Punggung 14 Milik Johan Cruyff

Legenda sepak bola dunia dan Belanda, Johan Cruyff tutup usia Kamis (24/3/2016). Hari kematian Cruyff bertepatan dengan duel persahabatan Belanda kontra Prancis. Guna mengenang Cruyff, duel dihentikan di menit 14.

Panitia pelaksana pertandingan sengaja menghentikan laga di menit tersebut. Nomor 14 selama ini identik dengan Cruyff. Sebenarnya ,tidak ada yang istimewa dengan nomor punggung itu.

Menurut Sport, Cruyff pertama kali mengenakan nomor tersebut ketika memperkuat Ajax Amsterdam melawan PSV Eindhoven pada 30 Oktober 1970. Tadinya, selama enam musim bergabung dengan The Amsterdamers, dia memakai nomor punggung 9.

Namun suatu waktu, jelang pertandingan ada insiden kecil. Rekan setimnya Gerrie Muhren kehilangan jersey bernomor punggung 7. Karena kesulitan mencarinya, Cruyff memberikan jersey miliknya kepada Muhren, sedangkan dia mengambil jersey lain secara acak di keranjang.

Kebetulan nomor yang didapat adalah 14. Dan pada laga melawan PSV, Ajax menang 1-0. Merasa mendapat keberuntungan, mulai sejak itu Cruyff terus memakai nomor itu.

Saat pindah ke Barcelona, Cruyff sempat memakai nomor punggung 9 lagi. Tapi itu disebabkan regulasi kompetisi mengharuskan para pemain yang turun ke lapangan memakai nomor punggung urut dari 1 hingga 11.

Kini, legenda Tim Oranye itu telah pergi. Cruyff menghembuskan napas terakhir di usia 68 tahun karena kanker paru-paru.

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!