Momen Dramatis Pesawat JetBlue Mendarat Tanpa Roda Depan

redaksi.co.id - Momen Dramatis Pesawat JetBlue Mendarat Tanpa Roda Depan Pilot maskapai penerbangan JetBlue berhasil mendaratkan pesawatnya dalam sebuah momen pendaratan darurat dengan percikan api di...

27 0

redaksi.co.id – Momen Dramatis Pesawat JetBlue Mendarat Tanpa Roda Depan

Pilot maskapai penerbangan JetBlue berhasil mendaratkan pesawatnya dalam sebuah momen pendaratan darurat dengan percikan api di landasan. Aksi itu dilakukan setelah roda depan burung besi itu tak bisa beroperasi. Pendaratan dilakukan di sebuah bandara di Bahama.

Pesawat JetBlue Embraer 190 membawa puluhan turis dari AS berhasil mendarat dengan mulus meski ujung hidungnya mengeluarkan percikan api akibat gesekan dengan landasan.

Seketika burung besi itu menyentuh landasan, tim gawat darurat termasuk pemadam kebakaran mengikuti pesawat itu sebagai antisipasi kebakaran lebih meluas.

Tak ada laporan kebakaran atau terluka pada penerbangan bernomor 29 itu. JetBlue tersebut membwa 93 penumpang dan 4 kru dari bandara Ronald Reagan dari Virginia ke bandara internasional Lynden Pinding.

Dalam pernyataannya, JetBlue mengatakan, kru pesawat itu melaporkan roda pendaratan mengalami malfungsi saat mendarat di Bahama, demikian dilansir dari Dailymail, Minggu (27/3/2016). Sebelum memutuskan untuk mendarat darurat,pilot sempat berputar-putar di sebuah pulau di New Providence mencoba memperbaiki kemacetan roda depan itu.

Burung besi dari AS ke Bahama itu berhasil mendarat darurat pukul 16.30 pada Sabtu 26 Maret.

Seorang pilot di Bahama yang berhasil mengambil momen menegangkan itu mengatakan aksi sejawatnnya itu luar biasa. “Sungguh lihai! Dan kesiapan tim darurat tak kalah sigapnya,” kata Shakeno Munnings.

“Pendaratan seperti itu bisa saja berakibat buruk. Sebelumnya saya pernah menyaksikan pendaratan darurat yang lebih buruk lagi,” lanjut Munnings.

Departemen Penerbangan Sipil Bahama mengatakan kru JetBlue menginformasikan pendaratan darurat kepada menara kontrol udara pukul 15.25.

“Pilot mengambil langkah pendaratan darurat di bandara kami setelah sebelumnya membuang sisa bahan bakar. Ia lantas mendarat dengan roda kanan dan kiri saja. Seluruh kru dan penumpang tak ada satu pun yang terluka,” tulis pernyataan departemen itu.

Insiden itu juga tak berarti banyak bagi lalu lalang jadwal penerbangan. Kendati demikian, investigasi akan digelar.

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!