10 Kegiatan Produktif Saat Weekend Tanpa Bikin Jakarta Macet Lagi

redaksi.co.id - 10 Kegiatan Produktif Saat Weekend Tanpa Bikin Jakarta Macet Lagi Ngabisin weekend di mall atau cafe itu udah basi banget. Mungkin kamu juga sudah...

37 0

redaksi.co.id – 10 Kegiatan Produktif Saat Weekend Tanpa Bikin Jakarta Macet Lagi

Ngabisin weekend di mall atau cafe itu udah basi banget. Mungkin kamu juga sudah bosan dengan weekend yang gitu-gitu aja.

Padahal masih banyak banget kegiatan yang bisa bikin weekend-mu seru. Gak perlu pakai keluar rumah lagi.

Kalau weekend ini bingung mau ngapain cobain nih 10 kegiatan produktif saat weekend yang sekaligus menyenangkan.

1. Berkebun

Gak cuma bikin taman jadi terlihat lebih cantik, berkebun juga bisa melepas stres. Melihat tanaman tumbuh subur bisa bikin hati plong dan sejenak bisa melupakan rutinitas. Gak punya taman atau halaman di rumah? Bisa coba dengan tanaman hidroponik, bonsai atau tanaman pot.

2. Memasak

Gak jago masak bukan berarti gak bisa bikin makanan sama sekali. Banyak resep masakan bertebaran di YouTube atau blog.

Manfaatkan saja bahan makanan yang ada di kulkasmu. Kalau kamu sudah berkeluarga, hitung-hitung sekalian menghemat pengeluaran keluarga daripada harus makan di luar.

Masak bareng tuh seru, ya maklum kalau udahannya dapur bakal kayak kapal pecah ya

3. Olahraga

Pastinya kamu susah menyempatkan diri untuk berolahraga saat hari kerja. Makanya weekend ini saat yang tepat buat mengembalikan vitalitas tubuh.

Gak perlu ke gym kok. Jalan santai, jogging atau bersepeda sudah bisa bikin badan jadi segar.

4. Memanjakan diri

Weekend itu saat yang tepat buat memanjakan diri alias me time. Mau bermalas-malasan boleh, tapi jangan seharian juga.

Merawat diri dengan bahan-bahan alami bakal jadi aktivitas yang pas tuh. Tidur siang sejenak juga bisa menyegarkan pikiran dan badan. Gak mungkin kan tidur siang pas weekdays?

Tapi jangan cuma badan yang diberi asupan. Otak juga perlu tuh. Membaca buku favorit yang lama terbengkalai karena kesibukan kantor bisa menjadi sarana untuk lepas dari rutinitas.

5. Belajar keahlian lain

Mempelajari suatu keahlian baru itu bagus banget buat mengembangkan diri. Contohnya saja belajar bahasa asing, alat musik atau belajar crafting alias membuat pernak-pernik. Kalau pas hari kerja kamu gak pernah kepikiran buat belajar sesuatu, manfaatkan weekend-mu yang berharga itu.

6. Bersih-bersih rumah

Aktivitas murah dan berguna: beres-beres rumah! Weekend itu juga saat yang tepat buat menyortir barang-barang yang sekiranya gak kamu gunakan lagi. Kalau barang-barangmu masih bagus, kamu bisa mendonasikannya ke orang yang membutuhkan atau bisa saja kamu menjualnya secara online atau garage sale.

Ayo nak bantu bapak dan ibu bersih-bersih, habis itu makan es dung-dung hehehe

7. Nonton film

Ngapain deh ke bioskop setiap weekend. Biar kamu gak ketinggalan tren atau dibilang kudet sama orang kantor? Kalau punya bujet khusus buat hobi nonton sih gak masalah ya.

Tapi yakin banget dari semua film yang sudah beredar sejak jaman baheula pasti belum semuanya kamu tonton. Nah, gak ada salahnya kan nonton film-film lama dari koleksi DVD atau file di laptopmu.

8. Tekuni hobi jadi bisnis

Mempunyai hobi yang produktif itu bagus banget. Misalnya hobi menulis di blog, coba saja kembangkan jadi cerpen atau novel dan dikirimkan ke penerbit.

Hobi koleksi sepatu atau action figure? Coba aja jual beberapa di forum online buat membeli barang baru. Lumayan kan gak perlu keluar uang lagi dan bisa menghemat ruangan.

9. Mempersiapkan segala sesuatu untuk minggu depannya

Weekend bukan berarti akhir dari rutinitas lho. Hari Seninnya kamu harus siap lagi bertempur di hutan beton.

Gak ada salahnya juga mempersiapkan segala sesuatu untuk minggu depannya. Misalkan bikin to-do list, menyiapkan materi meeting/presentasi atau mencicil deadline. Kalau sudah siap kamu gak bakal bilang lagi I hate Monday.

10. Bikin party bareng teman-teman

Gak pernah sempat bertemu teman-teman kala weekdays karena macet dan kerjaan menumpuk? Weekend adalah saatnya balas dendam.

Aseeek nongkrong bareng sambil bakar-bakar, asal jangan bakar rumah tetangga ya bro!

Bikin aja acara barbeque sederhana. Bakar-bakar jagung atau ayam, atau cuma menyediakan camilan. Biar lebih seru juga bisa menyiapkan permainan kartu atau sekedar nonton film.

Nah, ngapain lagi bela-belain bermacet ria di jalanan cuma buat mencari hiburan? Rumah adalah istana, jadi sebisa mungkin istana itu harus terasa hidup dan bikin nyaman.

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!