Harga Bawang Merah Tembus Rp 50 Ribu per Kg

redaksi.co.id - Harga Bawang Merah Tembus Rp 50 Ribu per Kg Masyarakat nampaknya harus menambah alokasi dana untuk belanja harian pada pekan ini. Pasalnya, harga-harga pangan...

12 0

redaksi.co.id – Harga Bawang Merah Tembus Rp 50 Ribu per Kg

Masyarakat nampaknya harus menambah alokasi dana untuk belanja harian pada pekan ini. Pasalnya, harga-harga pangan mengalami kenaikan. Harga bawang merah tembus Rp 50 ribu per kilogram (kg) di pasar tradisional.

Imam (30), salah satu pedagang di Pasar Kebayoran Lama, JakartaSelatan, mengatakan kenaikan harga bawang telah terjadi selama sepekan lalu. Diperkirakan kenaikan harga tersebut akan terus terjadi dalam beberapa pekan ke depan.

Kenaikan harga bawang merah di pasar tradisional terjadi karena memang harga dari Pasar Induk KramatJati juga mengalami kenaikan. Pada pedagang di pasar induk memberikan alasan kenaikan harga bawang terjadi karena minimnya pasokan daridaerah penghasil bawang seperti Brebesdan sekitarnya.

Imam menjelaskan, ia mengambil bawang merah dari Pasar Induk di kisaran Rp 47 ribu sampai Rp 48 ribu per kg. kemudian kepada konsumen ia menjualnya di kisaran Rp 50 ribu per kg. Dengan begitu, keuntungan yang didapat para pedagang tradisional tidak begitu besar jika dikurangi dengan biaya distribusi.

“Bawang merah naik sekitar seminggu ini. Sebelum naik harganya di kisaran Rp 30 ribu hingga Rp 35 ribu per kg,” kata Imam saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Senin (28/3/2016).

Harga bawang putih juga terpantau tinggi. Dia menyebut, untuk 1 kg, bawang putihdihargai Rp 40 ribu per kg.

Harga cabai juga terpantau tinggi di pasaran. Harga cabai merah keriting saat ini Rp 40 ribu per kg dan cabai merah rawit Rp 60 ribu per kg.”Sudah lama (naik) kalau rawit hampir sebulan,” imbuhnya.

Di sisi lain, kondisi harga daging masih stabil. Pedagang daging sapi Antono (41) mengatakan, harga daging masih berada pada kisaran Rp 120 ribu per kg. “Daging masih biasa saja,” tutup dia.

Berikut pantauan harga Liputan6.com:

Cabai merah keriting Rp 40 ribu per kg

Cabai merah rawit Rp 60 ribu per kg

Tomat Rp 15 ribu per kg

Bawang merah Rp 50 ribu-Rp 55 ribu per kg

Bawang putih Rp 40 ribu per kg

Daun bawang Rp 20 ribu per kg

Kol Rp 7 ribu per kg

Kentang Rp10 ribu per kg

Sawi Rp 8 ribu per kg

Timun Rp 6 ribu per kg

Terong Rp 6 ribu per kg

Buncis Rp 10 ribu per kg

Brokoli Rp 30 ribu per kg

Kembang kol Rp 20 ribu per kg.

(red/oudlon/R)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!