Sharp dan Foxconn Teken Pengambilalihan Kamis

128

redaksi.co.id – Sharp dan Foxconn Teken Pengambilalihan Kamis

, Tokyo – Sharp Corp dan perusahaan Taiwan, Foxconn, dijadwalkan menandatangani kesepakatan pengambilalihan pekan ini setelah penundaan berulang.

Kedua belah pihak menyepakati bailout lebih kecil daripada yang direncanakan untuk perusahaan elektronik Jepang itu, kata dua sumber Reuters yang memahami masalah ini, Sabtu, 26 Maret 2016.

Kedua perusahaan akan mengadakan rapat dewan pada Rabu, 30 Maret 2016, untuk menyetujui kesepakatan itu dan secara resmi menandatangani kesepakatan pada hari berikutnya.

Kedua sumber menolak diidentifikasi karena tidak berwenang berbicara kepada media. Seorang juru bicara Sharp menolak berkomentar, begitu pula para pejabat Foxconn.

Foxconn, yang secara resmi dikenal sebagai Hon Hai Precision Industry Co, akan memangkas tawaran sebelumnya, 489 miliar yen (Rp 57,4 triliun), untuk saham baru Sharp menjadi sekitar 100 miliar yen (Rp 11,7 triliun), demikian menurut beberapa sumber.

Perusahaan telah hampir menandatangani kesepakatan bulan lalu, tapi Foxconn menundanya sehubungan dengan informasi kewajiban yang sebelumnya tidak diungkapkan di perusahaan Jepang itu.

Kesepakatan tersebut akan menjadi akuisisi terbesar oleh perusahaan asing di sektor teknologi insular Jepang. Dalam memilih bernegosiasi dengan Foxconn, Sharp menolak tawaran saingan pendanaan yang didukung negara.

Akuisisi ini juga akan meningkatkan posisi Foxconn sebagai produsen kontrak utama Apple dan memberi Sharp dana untuk memulai memproduksi secara massal layar organic light-emitting diode (OLED) pada 2018. Pada saat itu, Apple diperkirakan akan mengadopsi layar canggih tersebut untuk iPhone-nya.

REUTERS | ERWIN Z

(red/usland/argarito/RM)

loading...

Comments

comments!