Sengketa Iklan, Pele Tuntut Samsung Rp 400 Miliar

redaksi.co.id - Sengketa Iklan, Pele Tuntut Samsung Rp 400 Miliar Legenda sepak bola Brasil, Pele, menuntut perusahaan elektronik raksasa Korea Selatan, Samsung, atas tuduhan penggunaan peran...

40 0

redaksi.co.id – Sengketa Iklan, Pele Tuntut Samsung Rp 400 Miliar

Legenda sepak bola Brasil, Pele, menuntut perusahaan elektronik raksasa Korea Selatan, Samsung, atas tuduhan penggunaan peran yang mirip dengannya dalam sebuah iklan televisi ultra high-definition di New York Times tanpa seizinnya.

Menurut gugatan yang diajukan di Pengadilan Distrik Amerika Serikat di Chicago, Pele menuntut Samsung sebesar US$ 30 juta atau sekitar Rp 400 miliar dengan kurs saat ini.

Samsung diduga memasang iklan tersebut setelah memutuskan negosiasi pemakaian foto Pele untuk mempromosikan produknya pada 2013 lalu.

Dalam gugatannya, iklan yang tidak menyebutkan nama Pele itu menggunakan sebuah foto wajah seorang pria yang sangat menyerupai mantan pemain Santos itu.

Selain itu, dalam iklan tersebut juga diperlihatkan sebuah gambar kecil dari seorang pemain sepak bola yang tengah memperagakan tendangan bicycle atau tendangan gunting.

Gaya tendangan tersebut memang identik dengan Pele saat ia masih aktif menjadi pemain sepak bola. Gugatan yang dilayangkan Pele juga menyatakan bahwa iklan Samsung itu dapat merusak nilai dari hak dukungannya atas orang atau produk (endorsement).

Selain itu, iklan tersebut menyesatkan konsumen yang akan menyangka bahwa ia mendukung produk-produk Samsung.

Selain menuntut kompensasi, tim kuasa hukum Pele menginginkan adanya pencegahan dalam penggunakan foto Pele di masa mendatang tanpa izin darinya.

Tuntutan tesebut diajukan oleh Pele IP Ownership LLC, pihak yang memiliki trademark sekaligus hak publikasi Pele. Kuasa hukum Pele, Frederick Sperling, juga merupakan perwakilan dari mantan pemain basket Chicago Bulls, Michael Jordan.

Dia memenangkan kasus yang membelit Jordan dengan Finer Foods yang menggunakan identitasnya tanpa izin dalam sebuah iklan di majalah Sports Illustrated . BBC | ANGELINA ANJAR SAWITRI

Artikel Menarik Lainnya:

Batas Akhir Lapor Pajak Pakai e-Filling Mundur Jadi 30 April 2016

Wajah Wanita yang Paling Menarik bagi Pria

9 Film Fantasi Wajib Tonton 2016

Marshanda Diam-diam Beri Uang Pada Ayahnya

3 Kisah Mengerikan Mantan Sandera Abu Sayyaf

(red/ainin/adziroh/LN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!