Tablet Ubuntu Pertama Mulai Dipasarkan

redaksi.co.id - Tablet Ubuntu Pertama Mulai Dipasarkan , San Francisco - Setahun lebih setelah ponsel Ubuntu pertama mulai dijual, BQ kini melakukan pre-order untuk tablet...

25 0

redaksi.co.id – Tablet Ubuntu Pertama Mulai Dipasarkan

, San Francisco – Setahun lebih setelah ponsel Ubuntu pertama mulai dijual, BQ kini melakukan pre-order untuk tablet Ubuntu pertama di dunia.

Disebut Aquarius M10, tablet itu tersedia untuk pelanggan di Eropa untuk pre-order sekarang dimulai dengan harga 249 (Rp 3,7 juta), dan akan mulai dikirmkan minggu kedua bulan April, menurut halaman produk perusahaan itu.

Dengan layar 10,1 inci, memori 16GB, RAM 2GB, dan prosesor 1.5GHz quad-core, tablet itu punya spesifikasi yang cukup untuk tablet kelas menengah. Satu-satunya pilihan konfigurasi adalah untuk tampilan Full HD, yang akan menaikkan harga Aquarius M10 sebesar 40 euro. Tidak ada disebutkan rencana untuk menjual tablet itu di AS.

Dalam dunia yang dikuasai perangkat Apple dan Android, dengan ekosistem aplikasi besar dan rentang harga yang luas, tablet ini tampaknya hanya akan menyasar pelanggan IT enterprise.

Hal ini disebabkan spesifikasi lumayan dan harga yang tidak murah untuk menarik perhatian konsumen yang sadar anggaran, yang biasanya menjadi target lain untuk perangkat berbasis Linux.

Tapi Canonical, yang membuat sistem operasi Ubuntu M10 ini, memiliki sesuatu yang lain. Perusahaan ini menyebut tablet baru ini sebagai perangkat konvergensi, tablet ketika Anda sedang bepergian dan PC desktop ketika Anda berada di rumah.

Untuk masuk ke mode PC, Anda menghubungkan mouse dan keyboard untuk versi fitur lengkap dari sistem operasi Ubuntu yang Anda inginkan.

Ini bukan konsep baru. Microsoft telah menawarkan fitur Continuum lebih dari satu tahun. Memiliki alternatif Linux tentu saja merupakan perkembangan yang harus disambut, tapi keberhasilan Aquarius M10 akan tergantung pada seberapa banyak pengembang aplikasi yang bersedia untuk mengambil keuntungan dari fitur konvergensinya.

PCMAG | ERWIN Z

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!