Jumlah Psikolog di Kepolisian Harus Ditambah

redaksi.co.id - Jumlah Psikolog di Kepolisian Harus Ditambah Wacana soal penempatan psikolog di setiap Polres untuk mengantisipasi polisi yang mengambil jalan pintas dengan membunuh orang dekat...

38 0

redaksi.co.id – Jumlah Psikolog di Kepolisian Harus Ditambah

Wacana soal penempatan psikolog di setiap Polres untuk mengantisipasi polisi yang mengambil jalan pintas dengan membunuh orang dekat atau bunuh diri dirasa Ketua Presidium Indonesia Polisi Watch (IPW) Neta S Pane perlu diterapkan.

“Sekarang psikolog di kepolisian jumlahnya sangat terbatas. Jangankan di Polres, di Polda saja minim hanya satu atau dua. Saya rasa perlu penambahan psikolog di kepolisian,” tegas Neta, Kamis (31/3/2016).

Dan menurut Neta yang menjadi persoalan yakni banyak sarjana psikolog yang tidak mau bergabung dengan kepolisian lantaran gajinya yang kecil padahal masalah psikologi di kepolisian sangat besar dan harus dibenahi.

“Saya kita selain menambah psikolog untuk mengatasi ini, perlu juga kepedulian atasan mau mencermati perilaku bawahannya. Kalau sudah ada perilaku yang menyimpang segera dipanggil dan dikonseling. Tidak diizinkan pegang senjata dan jangan tugas di lapangan,” ungkap Neta.

Selain itu, pembenahan di proses rekrutmen juga penting dimana orang-orang yang secara psikis dan mental labil, baiknya jangan diterima sebagai polisi.

“Kedepan tekanan tugas polisi sangat berat, kejahatan marak dan gajinya tidak seimbang dengan kebutuhan hidup,” tegasnya.

(red/ainin/adziroh/LN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!