Harga Solar Dipangkas, Menteri Jonan Sarankan Tarif Metromini Tidak Turun

redaksi.co.id - Harga Solar Dipangkas, Menteri Jonan Sarankan Tarif Metromini Tidak Turun Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan akan ada perubahan penurunan tarif angkutan umum harga kurang...

12 0

redaksi.co.id – Harga Solar Dipangkas, Menteri Jonan Sarankan Tarif Metromini Tidak Turun

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan akan ada perubahan penurunan tarif angkutan umum harga kurang lebih tiga persen. Hal itu mengikuti penyesuaian harga BBM Premium dan Solar yang turun.

Dalam praktiknya, Jonan mengaku sulit dilaksanakan khususnya untuk Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP). Jika tarif diturunkan tiga persen atau sebanyak Rp 150 untuk bus metromini, penumpang akan kesulitan mendapatkan kembalian dan Operator pun tidak mau repot menyiapkan uang recehan.

“Menurut saya sulit, makanya dicari formulasi. Nggak usah begitulah, kembalian Rp 100 saja susah prakteknya, betul nggak?,” ujar Jonan di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (31/3/2016).

Jonan mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, sebaiknya angkutan Metromini yang tarifnya Rp 4.000 saat ini tidak usah diturunkan agar keuntungan lebih banyak yang didapatkan oleh pengusaha Metromini ditabung.

Jonan memaparkan, jika harga BBM naik, Metromini tidak perlu menaikkan tarifnya. Karena ada uang tabungan yang keuntungannya diambil saat harga BBM menjadi murah.

“Masa pakai permen kembaliannya, kan nanti ribut. Kalau misalnya begitu ya ditabung nih, nanti kalau ada tarif BBM naik, Metromini mungkin nggak naik,” kata Jonan.

Harga BBM jenis Premium dan Solar akan sudah diputuskan untuk turun mulai 1 April 2016. Untuk penurunan harga BBM jenis Premium turun menjadi Rp 6.450 dan Solar Rp 5.150

(red/ahmat/dhy/urniawan/RAK)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!