5 Alasan Messi Pindah dari Barca

redaksi.co.id - 5 Alasan Messi Pindah dari Barca Lionel Messibegitu identik dengan Barcelona. Sejak mengawali karier sepak bola pada 2004, La Pulga (julukan Messi) menjadi andalan...

51 0

redaksi.co.id – 5 Alasan Messi Pindah dari Barca

Lionel Messibegitu identik dengan Barcelona. Sejak mengawali karier sepak bola pada 2004, La Pulga (julukan Messi) menjadi andalan lini depan La Blaugrana.

Kedekatan Messi dengan Barcelona kerap meluluhkan berbagai rumor yang mengatakan pemain asal Argentina itu bakal meninggalkan Camp Nou. Namun, isu seputar masa depan Messi tetap menjadi santapan media-media Eropa.

Kali ini, ESPNFC melansir lima alasan yang bisa saja membuat Messi pindah dari Barcelona. Klub tujuan Messi pun sudah diperkirakan, yakni Manchester City yang mulai musim depan bakal dilatih Josep Guardiola.

Berikut ini lima kemungkinan alasan Messi hengkang dari Barcelona:

1. Hubungan dengan Guardiola

Josep Guardiola bisa menjadi alasan terbesar bila Messi benar-benar pindah. Guardiola telah menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun di Manchester City mulai musim 2016-2017.

Pelatih berusia 45 tahun itu merupakan salah satu mentor Messi. Memang, Messi diorbitkan Barcelona saat dilatih Frank Rijkaard. Namun, peran besar Messi bersama Los Azulgranas terjadi pada kepelatihan Guardiola.

Bersama Guardiola, Messi membawa Barcelona meraih tiga titel La Liga, dua trofi Copa del Rey, dua gelar Liga Champions, dan tiga kali dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia.

Guardiola yang membuat Messi mampu menyingkirkan Ronaldinho. Padahal, Ronaldinho saat itu merupakan pemegang dua penghargaan pemain terbaik dunia.

Guardiola pula yang memberikan kebebasan kepada Messi untuk bermain di posisi manapun. Faktanya, Guardiola rela mendepak Zlatan Ibrahimovic dari Barcelona hanya karena Messi ingin bermain sebagai penyerang tengah, posisi yang selama ini ditempati Ibrahimovic.

2. Tantangan baru

Lionel Messi sudah memenangi berbagai gelar bersama Barcelona. Mungkin, kini saat yang tepat bagi Messi untuk mencari tantangan baru bersama klub lain.

Premier League menjadi tempat yang dianggap lebih kompetitif ketimbang La Liga. Jika persaingan La Liga mungkin hanya sebatas Barcelona dan dua tim asal kota Madrid, di Inggris persaingan merebutan gelar juara lebih terbuka lebar.

Berbagai kalangan menilai, Messi tampil gemilang karena Barcelona memainkan gaya permainan yang cocok dengannya. Jika pindah, maka Messi tentu bakal beradaptasi dengan filosofi tim yang berbeda.

Tantangan itu ada di depan mata Messi. Bila pindah dan tetap bisa mempertahankan performa terbaik, maka Messi bisa dikatakan “lulus” sebagai pemain hebat yang mampu membawa klubnya meraih kesuksesan.

3. Saat yang tepat Barcelona menjual Messi

Selalu ada momen yang tepat. Mungkin saat ini adalah momen terbaik Barcelona untuk menjual Lionel Messi.

Messi telah menginjak usia 28 tahun. Dengan usia tersebut, Barcelona memiliki klausul pelepasan Messi sekitar 200 juta poundsterling.

Beberapa klub seperti Manchester City dianggap takkan keberatan membeli Messi dengan harga tersebut. Nilai transfer itu juga bakal memecahkan rekor transfer tertinggi sepanjang masa yang saat ini masih dipegang Gareth Bale.

Selain itu, melepas Messi bisa mengurangi beban biaya gaji pemain Barcelona. Bukan rahasia lagi bahwa Messi adalah pemain dengan gaji tertinggi di Barcelona. Di bawah Messi, ada dua rekannya yang juga berposisi sebagai penyerang, Luis Suarez dan Neymar.

Ketiga pemain ini dikabarkan mendapatkan gaji tinggi di Barcelona. Bahkan, sebanyak 73 persen hasil pendapatan Barcelona habis untuk menggaji trio (Messi, Suarez, dan Neymar).

Melepas salah satu pemain bisa menjadi solusi. Bila dibandingkan Neymar, peluang Messi pindah lebih tinggi karena faktor usia yang lebih tua. Barcelona kemungkinan lebih mempertahankan Neymar yang bisa melanjutkan kejayaan Barcelona lebih lama lagi.

4. Mendapat gaji lebih besar

Pindah ke klub lain tidak hanya mendatangkan uang besar bagi Barcelona. Lionel Messi bisa mendapatkan gaji lebih tinggi ketimbang di La Blaugrana.

Manchester City bisa dengan mudah menawarkan gaji lebih besar ketimbang yang diberikan Barcelona kepada Messi. Messi bakal jadi pemain dengan gaji tertinggi di dunia, mengalahkan rival abadinya Cristiano Ronaldo.

Di samping itu, Messi masih terus mengalami isu penggelapan pajak di Spanyol. Hal itu bisa menjadi salah satu alasan Messi meninggalkan Barcelona.

Messi dan juga ayahnya terus menampik kabar soal penggelapan pajak. Sementara itu, sidang kasus pajak Messi akan dilangsungkan di Barcelona pada 31 Mei mendatang.

5. Duet dengan sahabat sejati

Sergio Aguero merupakan sahabat dekat Lionel Messi sejak 2005. Mereka bersama bahu-membahu membantu Argentinamenjuarai Piala Dunia U-20 dan Olimpiade 2008.

Tidak hanya kompak di lapangan, Aguero dan Messi juga akbar di luar lapangan. Hal itu terbukti dengan fakta kedua pemain tersebut menjadi rekan sekamar skuat Argentina di Piala Dunia 2014.

Messi juga menjadi ayah baptis dari anak Aguero, Benjamin. Messi menganggap Aguero sebagai saudaranya sendiri.

Aguero pun demikian. Impian besarnya adalah bisa berduet dengan Messi di level klub. “Saya mengajaknya ke Manchester karena itu adalah kota yang luar biasa untuk ditempati. Messi bisa bermain setiap tiga hari. Kami bisa makan dan bermain sepak bola bersama,” kata Aguero.

Sumber: ESPNFC

© Penyerang Barcelona asal Argentina, Lionel Messi. (AFP/Josep Lago) lionel messi

Artikel Menarik Lainnya:

Ferguson Ungkap Fakto Kegagalan Van Gaal di MU

Ronaldo Jual Rumahnya di Madrid

KPK tangkap anggota DPRD DKI Jakarta

Sanusi Ditangkap Bersama Mobil Jaguar dan 2 Tas Besar

Aturan Baru Pemberian THR

(red/ega/wi/riesta/VDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!