MIT Kembangkan Wi-Fi Tanpa Password yang Aman

redaksi.co.id - MIT Kembangkan Wi-Fi Tanpa Password yang Aman Password pada Wi-Fi tidak hanya menjadi gangguan. Dalam banyak kasus, mereka bahkan tidak cukup benar-benar melindungi jaringan...

27 0

redaksi.co.id – MIT Kembangkan Wi-Fi Tanpa Password yang Aman

Password pada Wi-Fi tidak hanya menjadi gangguan. Dalam banyak kasus, mereka bahkan tidak cukup benar-benar melindungi jaringan dari penyusup.

Penelitian baru dari Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory (CSAIL) MIT bakal membuat Wi-Fi lebih aman sementara pada saat yang sama menghilangkan kebutuhan untuk password sama sekali.

Tim yang dipimpin Dina Katabi merancang sistem yang disebut Chronos, yang memungkinkan akses ke titik Wi-Fi untuk secara tepat menentukan semua adapter yang terhubung. Teknologi ini dapat digunakan memberikan akses ke router Wi-Fi berdasarkan lokasi pengguna sebenarnya, sehingga lebih sulit bagi penyusup untuk mengakses jaringan dari tempat yang jauh.

Chronos bekerja dengan menghitung waktu yang dibutuhkan bagi data untuk berjalan dari pengguna ke jalur akses, mengukur dari banyak band Wi-Fi untuk membuat hasil yang lebih tepat. Para peneliti mengatakan hal itu 20 kali lebih akurat daripada teknik yang sudah ada.

Dari pengujian Chronos di sebuah rumah, peneliti mampu mengidentifikasi lokasi pengguna 94 persen dari seluruh waktu. Dalam kasus di tempat kuliner, sistem ini mampu membedakan antara pengguna dari dalam toko dan penyusup dari luar sebanyak 97 persen dari seluruh waktu.

Selain mengendalikan siapa yang dapat mengakses jaringan Wi-Fi, sistem ini juga dapat digunakan untuk memastikan drone menjaga jarak aman dari orang-orang, atau menemukan perangkat yang hilang.

Namun, sistem ini bukan tanpa tantangan, salah satunya adalah privasi. Sistem ini dapat digunakan sebagai cara lain melacak lokasi seseorang. Tapi setiap teknologi yang memiliki potensi meningkatkan keamanan Wi-Fi tentulah harus diberi kesempatan.

MASHABLE | ERWIN Z

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!