FBI Minta Google Buka Akses Android Sejak 2012

175

redaksi.co.id – FBI Minta Google Buka Akses Android Sejak 2012

Kasus San Bernardino Apple mungkin sudah berlalu, namun pemerintah masih meminta bantuan Apple dan Google membuka akses ponsel mereka. Penelitian baru dari American Civil Liberties Union menunjukkan 63 kasus berbeda di mana pemerintah meminta bantuan dari Apple atau Google membuka akses perangkatnya. Tidak jelas berapa banyak dari perintah itu dipenuhi.

Sebagian besar kasus itu menargetkan Apple, namun sembilan dari perintah itu juga terlihat untuk Google, biasanya untuk mereset password pada perangkat tertentu. Perangkat mencakup ponsel dari Alcatel, Kyocera, dan Samsung, di mana banyak yang dikirimkan tanpa enkripsi perangkat default yang memblokir penggunaan alat forensik tradisional seperti dalam kasus San Bernardino.

“Kami hati-hati meneliti surat panggilan dan perintah pengadilan untuk memastikan mereka memenuhi kedua surat dan semangat hukum,” kata juru bicara Google dalam sebuah pernyataan. “Namun, kami tidak pernah menerima perintah All Writs Act seperti yang terjadi pada Apple. Kami akan sangat keberatan dengan perintah seperti itu.”

Google tidak memiliki akses langsung ke perangkat lunak yang berjalan pada ponsel Android, tetapi ia mengelola banyak proteksi lockscreen melalui Android Device Manager. Biasanya fitur kegunaan ponsel, yang memungkinkan pengguna Android untuk mengatur ulang kode akses lockscreen mereka jika mereka terkunci.

Kemampuan itu hanya bekerja untuk ponsel dengan pola pembuka, bukan sidik jari, password atau PIN, dan dihentikan pada Android Lollipop. Samsung menawarkan fungsionalitas yang sama melalui layanan FindMyMobile. Kemampuan itu tidak ada di iOS.

Namun laporan ACLU itu menunjukkan bagaimana kemampuan yang sama dapat berguna untuk penegakan hukum, memungkinkan peneliti untuk meminta reset password terpusat pada ponsel Android. Biasanya, perintah meminta Google memulai reset password tunggal, menyediakan penegakan hukum dengan password baru, dan kemudian me- reset password lagi setelah dibuka mencegahnya diubah atau diakses setelah penyelidikan selesai.

THE VERGE | ERWIN Z

(red//ur/sikin/MNA)

loading...

Comments

comments!