Apa Sih Data Center Modular Itu?

redaksi.co.id - Apa Sih Data Center Modular Itu? REPUBLIKA.CO.ID,BALIKPAPAN -- XL menggelar Bedah Infrastruktur Modular Data Center Perdana di Indonesia, yang bertempat di Data Center XL...

20 0

redaksi.co.id – Apa Sih Data Center Modular Itu?

REPUBLIKA.CO.ID,BALIKPAPAN — XL menggelar Bedah Infrastruktur Modular Data Center Perdana di Indonesia, yang bertempat di Data Center XL di jalan Gunung Rambutan Karang Rejo, Balikpapan, Rabu (30/3).

Data center ini dikenal sebagai data center modular pertama di Indonesia. Yang menarik, data center modular ini dirancang, dibangun dan dikembangkan sendiri oleh tenaga-tenaga XL.

Lantas apa sih data center modular itu? Sistem Data Center modular adalah salah satu metode alternatif untuk pembangunan pusat data. Melalui system modular ini, penempatan dan pembangunan infrastruktur data center bisa di mana saja dan disesuaikan dengan kapasitas dan kebutuhan.

Sebagai contoh, area kapasitas bangunan pusat data (Data Center) normal biasanya adalah 10.000 meter persegi. Dengan menggunakan konsep modular maka area kapasitas bangunan dapat lebih di-efisienkan dengan mempertimbangkan pasar dan luas perangkat servers yang ada saat ini.

Untuk awal dan mengingat perangkat IT yang semakin kecil, mungkin hanya diperlukan pusat data seluas 200 hingga 300 meter persegi. Walaupun kecil, data center modular memiliki kemampuan untuk bisa scale up, karena sifatnya yang fleksibel.

Komponen yang dipergunakan merupakan komponen standar dan per modul, seperti daya listrik, pendingin dan koneksi. Adanya perangkat modular ini memungkinkan data center yang dibangun dapat lebih mudah dan lebih murah pembangunan dan pengoperasiannya. Apabila kebutuhan dari pelanggan meningkat, maka bisa dilakukan scale up dengan mudah. Tinggal menambahkan modularnya saja.

Walaupun modular, pembangunan Data Center ini tetap dilengkapi dengan fasilitas pendukung sesuai dengan standar internasional seperti CCTV, 24/7 monitoring security, akses pribadi menggunakan, serta redundant power. Bahkan, XL juga dapat melakukan pengoperasian melalui Kantor Operasi Surabaya dengan fasilitas remote monitoring yang ada. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan kinerja operasional Data Center nantinya.

Sehingga, fasilitas Data Center ini juga dapat dipergunakan sebagai solusi Disaster Recovery Center (DRC) bagi perusahaan yang ingin melakukan back-up data yang mereka miliki.

(red/ega/wi/riesta/VDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!