Malaria Merambah Bumi Sejak Era Dinosurus

redaksi.co.id - Malaria Merambah Bumi Sejak Era Dinosurus , Jakarta - Asal-usul malaria, wabah yang sangup membunuh sekitar 400.000 manusia setiap tahunnya, ternyata jauh lebih...

30 0

redaksi.co.id – Malaria Merambah Bumi Sejak Era Dinosurus

, Jakarta – Asal-usul malaria, wabah yang sangup membunuh sekitar 400.000 manusia setiap tahunnya, ternyata jauh lebih tua dari yang diprediksi sebelumnya. Penyakit yang disebabkan oleh parasit Plasmodium itu ternyata sudah berevolusi di era dinosaurus.

Malaria sebelumnya diperkirakan muncul pada rentang periode 15.000 hingga 8 juta tahun lalu. Catatan manusia menunjukkan wabah mematikan ini sudah ada di Cina pada 2.700 tahun sebelum masehi. Beberapa ahli berpendapat wabah itu berkontribusi pada kehancuran Kekaisaran Romawi. Tahun lalu, menurut Organisasi Kesehatan Dunia, setidaknya ada 214 juta kasus malaria.

Imunitas terhadap malaria tidak muncul secara alami dan belum ditemukan vaksin terhadap penyakit ini. Menurut l aporan di jurnal American Entomologist, 11 Maret lalu, penyakit yang disebarkan oleh nyamuk Anopheles itu berevolusi di tubuh serangga sekitar 100 juta tahun lalu.

Para ahli memperkirakan vertebrata pertama yang menjadi inang parasit malaria saat itu adalah reptil, termasuk dinosaurus. George Poinar Jr., penulis laporan dan peneliti dari Oregon State University, mengatakan wujud wabah malaria purba menggunakan perantara serangga dan galur yang berbeda. Menurut dia, h al ini sebenarnya membantu proses pertahanan hidup dan evolusi hewan di bumi.

Malaria sekarang dapat menginfeksi beragam mamalia termasuk manusia, burung, hingga reptil. Evolusi malaria dan serangga penghisap darah, menurut Poinar, sudah ada sejak periode dinosaurus. Bukti fosil menunjukkan malaria dengan perantaraan nyamuk sudah ada sejak 20 juta tahun lalu, kata nya.

Wujud awal wabah ini berusia setidaknya 100 juta tahun atau lebih tua. Poinar adalah orang pertama yang menemukan jejak malaria pada fosil berusia 15-20 juta tahun di Republik Dominika. Poinar mengindikasikan wabah penyakit, selain bencana seperti tumbukan asteroid dan letusan gunung api, juga berperan dalam kepunahan dinosaurus. Serangga, mikroba patogen, dan penyakit yang menerpa vertebrata muncul di waktu yang bersamaan, termasuk malaria, katanya. OREGON STATE UNIVERSITY | AMERICAN ENTOMOLOGIST | GABRIEL WAHYU TITIYOGA

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!