Tips Jitu Beli Rumah bagi Karyawan Bergaji Pas-pasan

redaksi.co.id - Tips Jitu Beli Rumah bagi Karyawan Bergaji Pas-pasan Pengusaha properti yang juga mantan Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia, Setyo Maharso, mengungkapkan beberapa tips...

34 0

redaksi.co.id – Tips Jitu Beli Rumah bagi Karyawan Bergaji Pas-pasan

Pengusaha properti yang juga mantan Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia, Setyo Maharso, mengungkapkan beberapa tips bagi masyarakat yang ingin memiliki rumah dengan penghasilan pas-pasan. Menurut dia, harga properti saat ini tergantung lokasi rumah.

Harga rumah di pusat kota relatif lebih tinggi dibandingkan harga rumah di pinggir kota. Karena itu, rumah di pinggir kota dapat menjadi pilihan bagi masyarakat berpenghasilan menengah.

“Tapi lokasinya minimal dekat dengan pusat kegiatan dia. Kalau pusat kegiatannya di Jakarta Timur, beli rumah di Bekasi, jangan di Tangerang,” ujar Setyo saat dihubungi, Sabtu, 2 April 2016. Setyo menyarankan agar memilih lokasi hunian yang dekat dengan moda-moda transportasi yang disediakan pemerintah. “Misalnya Trans Jakarta atau kereta api. Biar ngirit, hemat,” kata Setyo.

Selain itu, pembeli perlu mencari tahu pengembang dari lokasi rumah yang diinginkan agar calon pembeli dapat memperoleh kepastian apabila terdapat suatu permasalahan. “Bisa dipertanggungjawabkan kalau ada masalah. Bisa bertanya ke anggota REI atau sekretariat REI,” ujarnya. Calon pembeli, menurut Setyo, juga harus mempertimbangkan bank pemberi kredit pemilikan rumah.

“Dilihat sistemnya, pengenaan bunganya seperti apa, flat atau floating. Misalnya, bunganya fixed dua tahun. Setelah dua tahun, bagaimana bunganya?” tuturnya. Setyo pun merekomendasikan agar masyarakat mengajukan KPR ke bank-bank milik pemerintah. “Bank-bank swasta juga bisa, tapi yang memang fokusnya di perumahan,” kata Setyo menambahkan.

REI saat ini tengah menggelar REI Expo di Hall A Jakarta Convention Center hingga 10 April 2016. Pameran properti tersebut diikuti oleh 98 pengembang yang tersebar di 120 lokasi proyek. Harga properti termurah yang ditawarkan adalah Rp 140 juta. Sementara itu, harga rata-rata properti yang dijual berkisar antara Rp 400-500 juta. Beberapa pengembang yang terlibat dalam pameran ini adalah Ciputra, PP Properti, Wijaya Karya Realty, Duta Anggada Group, Adhi Persada Properti, Damai Putra Development, Gapura Prima Group, Bina Karya Group, Pusaka Mas Persada, serta Agung Podomoro Land.

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!