Semut-semut Ini Ibarat `Alien Kecil` dari Amerika Tengah

redaksi.co.id - Semut-semut Ini Ibarat `Alien Kecil` dari Amerika Tengah , Utah - Ada 33 spesies semut, yang sebagian di antaranya buta, ditemukan di hutan...

17 0

redaksi.co.id – Semut-semut Ini Ibarat `Alien Kecil` dari Amerika Tengah

, Utah – Ada 33 spesies semut, yang sebagian di antaranya buta, ditemukan di hutan hujan tropis Karibia dan Amerika Tengah. “Ketika semut dilihat dari mikroskop, apa yang terlihat bagaikan sebuah mimpi buruk,” kata entomologis dari University of Utah, Jack Longino.

Longino mendeskripsikan semut-semut itu memiliki wajah yang seolah memiliki perisai dengan titik-titik kecil di bagian pinggir mata, rahang yang kuat, serta gigi yang tajam. Mereka, ujarnya, terlihat seperti monster alien kecil. Ukuran semut itu cukup kecil, sekitar 2 milimeter.

Ketika ditemukan, semut ini ada di sela-sela kayu, sedang merayap, dan mengunyah serangga-serangga mini. Spesies baru tersebut kebanyakan hidup di wilayah-wilayah kecil yang merupakan bagian dari hutan konservasi di Amerika Tengah.

Menurut Longino, peran hewan itu di hutan hujan tropis berkontribusi terhadap ekosistem, di antaranya pada proses penyerbukan tanaman. Spesies baru yang ditemukan di Guatemala dan Honduras diberi nama Eurhopalothrix zipacna, yang artinya buaya jahat pada zaman suku Maya. Sedangkan spesies lainnya yang hidup di Honduras dan Kosta Rika dinamakan Eurhopalothrix xibalba, yang artinya tempat dengan banyak hal mengejutkan.

Sejauh ini, ilmuwan sudah menemukan 15 ribu spesies semut di seluruh dunia. “Totalnya, spesies semut ada kemungkinan mencapai 100 ribu,” kata Longino. Ilmuwan tersebut sudah menemukan 131 spesies semut baru.

Studi menunjukkan bahwa serangga di wilayah tropis memiliki keanekaragaman yang sangat tinggi. Adapun setengah dari penemuan spesies semut baru sudah dideskripsikan melalui jurnal Zootaxa.

Jenis semut yang spesifikasinya dijabarkan melalui studi ini berasal dari genus Eurhopalothrix, yang jenisnya dibedakan melalui bentuk rambut dan tubuhnya. Sedangkan serangga dari genus Octostruma, yang berarti “delapan semut bengkak” (swelling berarti bengkak), dibedakan melalui antena di kepalanya.

LIVE SCIENCE | ZOOTAXA | AMRI MAHBUB

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!