Ada 1.400 Asteroid di Dekat Bumi, Bisa Terjadi Armageddon?

redaksi.co.id - Ada 1.400 Asteroid di Dekat Bumi, Bisa Terjadi Armageddon? , Pasadena - Jika pernah menonton film Armageddon , Anda mengetahui seberapa besar potensi...

redaksi.co.id – Ada 1.400 Asteroid di Dekat Bumi, Bisa Terjadi Armageddon?

, Pasadena – Jika pernah menonton film Armageddon , Anda mengetahui seberapa besar potensi ancaman asteroid bagi bumi.

Dalam film tersebut, digambarkan bumi terancam hancur karena sebuah asteroid raksasa akan menabrak bumi. Dalam dunia nyata, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) membangun peta guna mengetahui asteroid mana saja yang berbahaya serta apa pengaruhnya terhadap bumi.

Peta itu diterbitkan secara daring dalam Planetary Photojournal. Peta menunjukkan jejak orbit lebih dari 1.400 asteroid, yang posisinya berada di dekat bumi. Seorang pejabat NASA menyebutkan asteroid dalam peta itu tidak akan mengancam bumi setidaknya sampai 100 tahun mendatang.

“Asteroid yang berpotensi bahaya berukuran sekitar 140 meter dan mengikuti orbit yang melintas dekat bumi dengan lintasan sepanjang 7,5 kilometer,” ujar pejabat tersebut.

Asteroid, yang dipetakan, menunjukkan adanya sekumpulan asteroid berwarna biru yang mengelilingi matahari. Mereka mengelilingi orbit bumi, Venus, Merkurius, Mars, dan Jupiter.

Asteroid tersebut juga tampak pada sistem tata surya. Kendati NASA memetakan asteroid yang dianggap berbahaya, bukan berarti akan menabrak bumi. Mereka menyebutnya potentially hazardous asteroid (PHA) atau asteroid yang berpotensi bahaya.

NASA menyatakan 95 persen asteroid dengan ukuran besar, berjarak sekitar 1 kilometer, dapat membahayakan bumi.

LIVE SCIENCE | NASA | AMRI MAHBUB