Trump Prediksi AS akan Jatuh ke Jurang Resesi

117

redaksi.co.id – Trump Prediksi AS akan Jatuh ke Jurang Resesi

Bakal calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik Donald Trump memprediksi bahwa AS berada di jalur resesi yang sangat masif. Ia memperingatkan bahwa kombinasi dari angka pengangguran yang tinggi dan pasar saham yang dinilai terlalu tinggi telah menjadi pemicu kemerosotan ekonomi.

“Saya pikir kami sedang berada di sebuah gelembung ekonomi. Sebuah gelembung keuangan,” kata pengusaha miliarder dalam sebuah wawancara dengan The Washington Post yang diterbitkan pada Sabtu (2/4).

Menjelang menjelang pemilihan umum pendahuluan penting di negara bagian Wisconsin, Selasa (5/4), Trump kembali membuat pernyataan kontroversial tersebut. Mantan bintang reality TV itu mengatakan bahwa angka pengangguran sebenarnya jauh lebih tinggi dari lima persen yang dirilis oleh Biro Statistik Tenaga Kerja AS.

“Bukan lima persen pengangguran. Kami (AS) berada dalam angka yang mungkin dua puluhan (persen) jika Anda melihat jumlah sebenarnya,” katanya.

Ia menambahkan, bahwa angka statistik pengangguran resmi dirancang untuk membuat politisi dan presiden tertentu terlihat baik. Trump mengatakan saat ini adalah waktu yang mengerikan untuk berinvestasi di pasar saham karena dimiliki oleh banyak ekonom mainstream.

Trump bersumpah dalam wawancara untuk menghapus utang nasional lebih dari 19 triliun dolar AS selama delapan tahun dibantu oleh renegosiasi perjanjian perdagangan. “Saya negosiasi ulang semua penawaran, kesepakatan perdagangan besar yang kita lakukan begitu buruk,” katanya.

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

loading...

Comments

comments!