Messi, Jackie Chan, hingga Raja Arab Diduga Ngemplang Pajak

122

redaksi.co.id – Messi, Jackie Chan, hingga Raja Arab Diduga Ngemplang Pajak

Sebuah dokumen hasil investigasi yang diterbitkan pada Ahad, 3 April 2016, mengungkapan dugaan para pemimpin dan selebritas dunia ternyata ngemplang pajak dengan modus menyembunyikan kekayaannya sehingga bebas pajak. Nilai pajak yang dikemplang mencapai US$ 11,5 juta atau sekitar Rp 151 miliar.

Di antara para selebritas dunia yang enggan bayar pajak itu adalah ujung tombak kesebelasan Barcelona asal Argentina Lionel Messi, serta bintang film laga Jackie Chan.

Dokumen investigasi yang telah beredar ke lebih dari 100 media massa itu menyebutkan, ini merupakan hasil penyelidikan terbesar dalam sejarah karena terang-terang mengungkapkan aset 140 tokoh politik, termasuk 12 kepala negara maupun mantan kepala negara yang disembunyikan di luar negeri.

Menurut International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ), di antara kepala negara yang memiliki aset di luar negeri agar tak bayar pajak itu adalah saudara ipar Presiden Cina Xi Jinping, Deng Jiagui; putra Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, Mohd Nazifuddin; anak-anak Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif; Menteri Kehakiman Kaboja Ang Vong Vathana; Presiden Ukraina; Raja Arab Saudi; dan Perdana Menteri Islandia.

Dokumen dari sekitar 240 ribu entitas di berbagai penjuru dunia itu datang dari Mossack Fonseca, sebuah firma hukum di Panama yang memiliki kantor di 35 negara. Meskipun tudingan tersebut dikatakan oleh ICIJ legal, namun hal itu akan memiliki dampak politik serius terutama bagi orang-orang ternama.

“Saya rasa dokumen yang bocor ini bakal menjadi pukulana dunia,” kata Gerard Ryle Direktur ICIJ sebeperti dikutip Channel News Asia. CHANNEL NEWS ASIA | CHOIRUL AMINUDDIN

(red/ijayanto/W)

loading...

Comments

comments!