Pecat Fahri Hamzah, Ini Penjelasan PKS

redaksi.co.id - Pecat Fahri Hamzah, Ini Penjelasan PKS Jakarta Presiden Partai Keadilan Sejahtera Sohibul Iman enggan memberi penjelasan tentang nerita pemecatan Fahri Hamzah dari keangggotaan partai....

44 0

redaksi.co.id – Pecat Fahri Hamzah, Ini Penjelasan PKS

Jakarta Presiden Partai Keadilan Sejahtera Sohibul Iman enggan memberi penjelasan tentang nerita pemecatan Fahri Hamzah dari keangggotaan partai. Melalui pesan singkat, Sohibul menyatakan partainya sudah memberi penjelasan lewat situs resmi PKS. Untuk itu dia meminta Tempo membuka situs itu.

Silakan baca penjelasan kronologis kasus ini di www.pks.or.id, baru kami unggah beberapa jam lalu, kata Sohibul Iman, lewat pesan singkat, Senin 4 April 2016.

Sohibul menyatakan dirinya saat ini sedang berada di luar kota. Pada situs pks.or.id terdapat artikel berjudul “Penjelasan PKS Tentang Pelanggaran Disiplin Partai yang Dilakukan Saudara Fahri Hamzah”.

Artikel tersebut diunggah pagi ini sekitar pukul 07:48 WIB. Dalam laman itu dijelaskan kronologis detail pemecatan Fahri Hamzah dari PKS. Fahri dianggap telah melakukan tindakan indisipliner terhadap kebijakan partai, terutama dalam hal menyampaikan pendapatnya kepada publik.

Di dalam penjelasan tersebut, dipaparkan beberapa pernyataan Fahri Hamzah yang dianggap kontroversial, kontraproduktif, dan tak sejalan dengan arahan partai, di antaranya adalah saat Fahri menyebut rada-rada bloon ; untuk para anggota DPR RI.

Pernyataan itu membuat sejumlah anggota dewan lain melaporkan Fahri ke Mahkamah Kehormatan Dewan, dan Fahri diputuskan melakukan pelanggaran kode etik ringan. Lalu tindakan selanjutnya adalah saat Fahri mengatasnamakan DPR RI telah sepakat membubarkan KPK, dan yang lain adalah saat Fahri mengatakan pasang badan untuk tujuh proyek DPR RI yang mana hal itu bukan merupakan arahan pimpinan partai.

Karena hal itu saat sidang ketiga Majelis Tahkim atau Mahkamah Partai, pada 11 Maret 2016 diputuskan bahwa Fahri Hamzah melanggar disiplin partai yang dimuat dalam AD/ART, sehingga Fahri diberhentikan dari semua jenjang keanggotaan PKS. Kemudian putusan Majelis Tahkim ini disampaikan kepada Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) PKS untuk ditindaklanjuti, pada 20 Maret 2016. DIKO OKTARA

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!