Surat dari Praha, Film Terbaik Usmar Ismail Awards 2016

158

redaksi.co.id – Surat dari Praha, Film Terbaik Usmar Ismail Awards 2016

Malam anugrah Usmar Ismail Awards (UIA) 2016mengumumkan Surat dari Praha dan Sutradara Angga Dwimas Sasongko sebagai film dan sutradara terbaik UIA 2016. Selain itu pemeran utama Tio Pakusadewojuga didaulat menjadi Pemeran Utama Pria peraih UIA 2016.

Surat Ismail Awards 2016 mengisahkan Kemala Dahayu Larasati atau biasa disebut Laras (Julie Estelle) adalah anak tunggal dari Sulastri (Widyawati). Sebelum meninggal, Sulastri menitipkan sebuah kotak dan sepucuk surat untuk diantarkan ke Praha. Di sana, Laras harus bertemu dengan sosok yang belum pernah dikenalnya, Jaya (Tio Pakusadewo).

Sesampainya di kota Republik Ceko itu, Laras langsung menandangi apartemen Jaya yang sederhana. Di sana, ia memaksa Jaya untuk menerima kotak yang diwasiatkan ibunya dan menandatangani surat bukti notaris. Namun, Jaya justru menolak mentah-mentah dan mengusir Laras.

Malang, di tengah perjalanannya menuju hotel, Laras dirampok oleh sopir taksi. Karena tak memiliki kolega di Praha, ia pun kembali ke apartemen Jaya dan menginap untuk sementara waktu hingga Kedutaan Besar RI memberikannya jalan keluar. Mau tak mau, Jaya pun menerima keberadaan Laras untuk tinggal sementara satu atap dengannya.

Selama itu pula, Laras berusaha keras untuk meluluhkan hati Jaya agar mau menerima wasiat dari ibunya. Karena penasaran dengan sikap dingin Jaya, Laras pun membuka kotak dan membaca sepucuk surat yang masih tersegel tersebut. Kotak tersebut ternyata berisi ratusan surat yang dikirimkan Jaya untuk sang ibunda dari Laras.

© Tio Pakusadewo di film Surat dari Praha. Foto: Instagram (@suratdaripraha) [Bintang] Tio Pakusadewo

Satu per satu surat coba dipahami Laras. Hingga ia mengerti, mengapa Jaya begitu mantap tak mau menerima kotak itu. Sulastri memang resmi menikah dengan ayah Laras, namun rumah tangga mereka tak berjalan harmonis. Akhirnya, Laras pun tumbuh menjadi pribadi yang keras. Penyebabnya tidak lain adalah orang dari masa lalu Sulastri yang masih memberikan ‘janji’ akan cinta sejati, Jaya.

Film Surat dari Praha menyajikan akhir yang cukup tak terduga. Endingnya membuat penonton ‘tak sadar’ kalau film telah berakhir. Tapi di situ, penonton dapat langsung mengetahui pesan yang ingin disampaikan film ini seperti tentang keikhlasan, penerimaan dan arti cinta sejati.

(red/ramanta/utra/amungkas/BPP)

loading...

Comments

comments!