Skandal Korupsi Guncang PBB

redaksi.co.id - Skandal Korupsi Guncang PBB Lembaga investigasi internal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah melakukan pemeriksaan yang menghasilkan temuan mengejutkan. Jika terbukti, Reuters menulis skandal ini menjadi...

57 0

redaksi.co.id – Skandal Korupsi Guncang PBB

Lembaga investigasi internal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah melakukan pemeriksaan yang menghasilkan temuan mengejutkan. Jika terbukti, Reuters menulis skandal ini menjadi kasus terbesar yang mengguncang PBB sejak kasus minyak untuk pangan di era Sekjen PBB sebelumnya Kofi Annan.

Seperti dilaporkan Reuters, Ahad (3/4), ada skandal penyuapan di dalam tubuh badan internasional terhormat itu, yang diduga melibatkan mantan presiden Majelis Umum PBB 2013-2014, John Ashe.

Dalam dokumen setebal 21 halaman, audit Office of Internal Oversight Service (OIOS) menyebut Ashe bersama dengan enam oknum lainnya menyelewengkan kewenangan. Audit tersebut merupakan perintah Sekjen PBB Ban Ki-moon dan menghasilkan laporan tertanggal 22 Maret 2016.

PBB juga dinilai mengalami banyak defisiensi terkait interaksi antara staf PBB dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) di seluruh dunia.

Reutersmenulis, hasil audit ini kian meyakinkan para diplomat bahwa PBB perlu meningkatkan transparansi. PBB juga didesak untuk meninjau ulang hubungan selanjutnya dengan semua LSM yang bekerja sama dengannya. Ini untuk menghidari konflik kepentingan dan peluang korupsi.

Desakan untuk mengaudit internal PBB juga merespons investigasi yang diadakan pemerintah Amerika Serikat (AS). Pada Oktober 2015, pengadilan AS menghukum tujuh orang, termasuk John Ashe sebagai mantan duta besar PBB asal Antigua dan Barbuda.

Jaksa mengatakan, Ashe menerima uang suap sebesar 1,3 juta dolar AS dari pengusaha Cina, termasuk Ng Lap Seng, seorang konglomerat perusahaan properti. Seng mengincar proyek pembangunan gedung pusat konferensi di Macau yang rencananya akan didukung PBB.

(red/ambertus/usi/urek/LLH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!