Ini 5 Film Indonesia yang Laris Manis

317

redaksi.co.id – Ini 5 Film Indonesia yang Laris Manis

Dunia film Indonesia mengalami pasang surut. Bahkan sempat mati suri dengan tidak adanya film-film berkualitas di akhir dekade 1990an. Namun, tetap ada catatan gemilang dari film-film yang diproduksi oleh sineas tanah air. Berikut lima film Indonesia yang laris manis. Anda sudah nonton semua?

Nagabonar

Film yang dibuat berdasarkan tulisan cerita Asrul Sani ini mampu memberikan hiburan tersendiri bagi pecinta film Tanah Air. Menyindir tentang pemujaan terhadap pahlawan, film komedi satir itu diperankan secara apik oleh Deddy Mizwar. Dalam film tersebut, terdapat pesan bahwa tak semua pejuang masa lampau punya niat suci membela negara. Buktinya Nagabonar yang aslinya seorang pencopet. Film tersebut mampu memborong 7 Piala Citra di tahun 1987.

Dua dekade berselang, Deddy Mizwar yang kini menjabat sebagai Wagub Jabar itu menghidupkan kembali peran Nagabonar dalam film Nagabonar Jadi 2. Kali ini dia berpasangan dengan Tora Sudiro. Film tersebut menjadi film terlaris 2007 dengan penjualan tiket sebanyak 2,4 juta penonton.

Badai Pasti Berlalu

Bagi Teguh Karya, film ini adalah karyanya yang paling laris ditonton. Namun, siapa sangka, dalam sebuah wawancara, Teguh mengatakan pembuatan film ini karena terpaksa. Ingin balas budi dari film-film terdahulu yang kurang laku, katanya seperti dimuat di Pikiran Rakyat pada tahun 1978.

Sebelum diangkat jadi film, Badai Pasti Berlalu merupakan karya novel. Turut terlibat dalam proses produksi adalah Eros Djarot yang berperan sebagai penggubah lagu tema. Hingga kini lagu dalam film tersebut masih abadi diperdendangkan.

Ada Apa dengan Cinta?

Salah satu film yang berjasa mengangkat kembali industri film tanah air dari mati suri adalah Ada Apa dengan Cinta(AAdC?). Diperankan oleh Dian Sastro dan Nicholas Saputra, film romantis tersebut mampu membuat remaja saat itu berbondong-bondong ke bioskop.

Selain diputar di Indonesia, film tersebut juga mendapat respon positif saat dimainkan di Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Filipina. Sekuel kedua film ini akan muncul tak lama lagi.

Petualangan Sherina

Jika Hollywood punya Home Alone, Indonesia pun juga ada. Namanya Petualangan Sherina. Film yang secara alur hampir sama, yakni bagaimana anak kecil mempecundangi orang dewasa itu menjadi salah satu film laris.

Dibintangi oleh Sherina yang kini sudah menjelma menjadi penyanyi cantik, Petualangan Sherina mampu membuat banyak orang tua mengajak anaknya nonton ke bioskop. Tak heran, karya Riri Riza itu mampu bertahan berminggu-minggu dan ditonton lebih dari 1,6 juta penonton.

Laskar Pelangi

Tak hanya novelnya yang laris manis, film Laskar Pelangi yang merupakan adaptasi karya Andrea Hirata itu juga diterima publik dengan sangat baik. Bercerita tentang perjuangan menggapai mimpi anak-anak Belitung, film garapan Riri Riza tersebut sedikitnya sudah ditonton 4,6 juta orang. (/pda)

(red/ramanta/utra/amungkas/BPP)

loading...

Comments

comments!