Cara Aman Cicil Emas di Pegadaian

redaksi.co.id - Cara Aman Cicil Emas di Pegadaian Melakukan investasi merupakan cara tepat untuk merencanakan keuangan di masa depan. Melalui investasi, Anda bisa mendapatkan keuntungan dan...

23 0

redaksi.co.id – Cara Aman Cicil Emas di Pegadaian

Melakukan investasi merupakan cara tepat untuk merencanakan keuangan di masa depan. Melalui investasi, Anda bisa mendapatkan keuntungan dan termasuk cara mengelolah keuangan agar menjadi lebih baik.

Banyak yang masih menganggap, bahwa investasi bisa mendatangkan banyak risiko. Mereka lebih memilih menyimpan dana dalam bentuk tabungan deposito di bank.

Padahal, cara itu justu membuat dana Anda terpotong karena bunga per bulannya. Agar kekayaan Anda bisa berkembang, lebih baik alokasikan uang Anda untuk investasi. Beberapa investasi yang bisa Anda pilih, antara lain reksa dana, properti, atau emas.

Saat ini, pegadaian memiliki program investasi berupa cicilan emas. Melihat, bahwa investasi emas merupakan investasi yang bisa menghasilkan keuntungan lebih besar. Mengingat harga emas terus naik dari tahun ke tahun.

Tentu membantu keuangan Anda di masa depan jika melakukan investasi emas. Pada saat emas masih mengalami penurunan harga, tentu menjadi kesempatan Anda untuk mengembangkan kekayaan.

Tidak perlu repot bagaimana caranya. Anda bisa mengikuti program pegadaian dengan cara cicilan emas. Sungguh kemudahan yang bisa Anda ikuti dan tetap bisa mendapatkan keuntungan di masa depan.

Pegadaian membuka program cicilan emas yang bisa membantu Anda ikut menginvestasikan kekayaan melalui emas. Bagi nasabah yang ingin ikut mencicil emas bisa memilih program pegadaian tersebut dan menentukan sendiri berapa cicilan per bulannya.

Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa menetapkan jumlah cicilan tergantung dari kondisi keuangan Anda. Melakukan cicilan juga terkadang bisa berisiko, apalagi berhubungan dengan uang.

Berikut ada cara aman cicil emas di Pegadaian yang bisa membantu Anda mempersiapkan risiko tersebut seperti dikutip dari Cermati.com, Senin (3/4/2016):

1. Lakukan survei

Sebelum Anda datang ke pegadaian dan memutuskan untuk mencicil emas, sebaiknya survei harga emas terlebih dahulu. Melalui survei yang Anda lakukan bisa membantu Anda dalam membandingkan emas satu dengan lainnya.

Dengan mengetahui perbandingan harga dari survei tersebut akan memudahkan Anda dalam mencapai keuntungan.

2. Sesuaikan kondisi keuangan

Jangan gegabah dalam mengambil keputusan. Jika keuangan Anda tidak bisa memenuhi cicilan yang diambil, pasti Anda bisa kerepotan sendiri. Anda harus menyesuaikan dengan kondisi keuangan agar tidak terjadi masalah di tengah jalan.

Anda pasti tidak mau sia-sia dengan apa yang sudah dilakukan di awal bukan? Pilihlah emas yang cicilannya bisa tercukupi dengan kondisi keuangan Anda.

3. Mempersiapkan segala sesuatu

Sebelum Anda menyatakan perjanjian akan mencicil emas, pastikan semua data dan berkas sudah disiapkan. Biasanya data yang perlu dilampirkan ialah foto kopi identitas, foto kopi kartu keluarga, mengisi formulir aplikasi program investasi emas, penyerahan uang muka, dan tanda tangan perjanjian mengikuti program cicilan emas.

4. Siapkan uang muka

Menyiapkan uang muka atau downpayment merupakan hal utama untuk ikut mencicil emas. Langkah utama ini tentu wajib dilakukan, karena uang muka tidak bisa tertinggal dari program cicilan.

Jika sudah mendapatkan uang muka, selanjutnya memikirkan uang cicilan per bulannya.

5. Pilih jangka waktu cicilan yang pendek

Untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar, sebaiknya Anda memilih jangka cicilan dalam waktu pendek. Waktu cicilan yang panjang semakin besar harga emas tersebut.

Maka, pilih dalam waktu yang singkat agar jumlah cicilan juga tidak semakin besar. Anda harus jeli dalam menganalisis hal-hal tersebut.

6. Lengkapi cicilan dengan teratur

Dalam cicilan emas di Pegadaian, Anda perlu mempertimbangkan dana per bulan yang harus dibayarkan. Jangan sampai Anda tidak bisa membayar cicilan tersebut.

Jika Anda tidak bisa membayar cicilan, maka emas itu akan hilang atau dijual kepada nasabah lain. Untuk itu, perhatikan kondisi keuangan dengan pilihan emas agar tidak terjadi kerugian akibat tidak bisa membayar cicilan.

Cicilan emas merupakan cara awal berinvestasi

Itulah beberapa cara aman untuk berinvestasi emas melalui cicilan. Tidak ada salahnya mencicil jika Anda memang belum bisa membeli secara tunai. Investasi bisa berkembang setelah emas yang Anda inginkan sudah menjadi milik Anda.

Maka, adanya cicilan emas di pegadaian bisa membantu masyarakat yang ingin berinvestasi emas juga ikut mengikuti program tersebut. Dengan kemudahan ini, masyarakat bisa mendapatkan keuntungan dari investasi emas mereka. (Ndw/Zul)

(red/ainin/adziroh/LN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!