5 Hal yang Perlu Dihindari Saat Bayar Tagihan Kartu Kredit

redaksi.co.id - 5 Hal yang Perlu Dihindari Saat Bayar Tagihan Kartu Kredit Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah sebuah sistem kredit yang diajukan kepada pihak bank, demi...

14 0

redaksi.co.id – 5 Hal yang Perlu Dihindari Saat Bayar Tagihan Kartu Kredit

Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah sebuah sistem kredit yang diajukan kepada pihak bank, demi mendapatkan sejumlah uang yang Anda butuhkan.

Dalam hal ini, Anda harus membayar cicilan pinjaman uang tersebut secara berkala setiap bulan beserta dengan bunganya. Dalam kasus seperti ini, kerap kali ditemukan permasalahan, misalkan pihak peminjam tidak sanggup membayar cicilan per bulan di tengah jalan.

Hal ini bisa berakibat sangat fatal, karena seperti yang kita ketahui, biasanya telat satu hari saja pihak peminjam bisa dikenakan denda yang lumayan besar.

Oleh karena itu, hal ini bisa menjadi masalah yang sangat besar bagi Anda yang seringkali mengalami kemacetan di masa pengembalian uang.

Selain Anda akan kewalahan dalam mengembalikan uang tersebut ke pihak bank, Anda pun bisa saja mendapatkan black list dari Bank Indonesia, Anda akan kesulitan untuk mengajukan kredit di masa yang akan mendatang.

Selain itu, masih ada banyak hal lain yang jangan Anda lakukan ketika membayar tagihan kredit, apa saja?

1. Hindari Pinjaman Kredit Kedua

Satu hal yang perlu dicamkan di dalam kepala Anda adalah meminjam kredit dengan dua jenis peminjaman secara bersamaan adalah kesalahan yang sangat fatal.

Biasanya orang yang merasa kewalahan dalam peminjaman uang dengan jangka pendek, akan mengajukan peminjaman dengan jangka panjang, yang di mana proses pembayaran cicilan per bulan jauh lebih kecil.

Namun, apabila Anda teliti lebih dalam, proses dengan cicilan dan tenor panjang, pihak peminjam akan mengambil keuntungan dari bunga yang jauh lebih banyak.

Dalam hal ini, sebenarnya Anda akan mendapatkan penderitaan yang sama, bahkan dalam waktu yang jauh lebih lama. Jadi, apabila Anda memiliki masalah dengan peminjaman jangka pendek, jangan sampai mengajukan jenis peminjaman lainnya.

Cobalah untuk mencari jalan keluar lainnya, tetapi bukan dengan meminjam kredit baru lainnya. Hal bisa saja berdampak jauh lebih berbahaya dari pada peminjaman pertama.

2. Hindari Penggunaan Kartu Kredit

Selain itu, Anda pun dilarang keras untuk membayar cicilan dengan menggunakan banyak kartu kredit. Biasanya, penggunaan kartu kredit hanya digunakan untuk mempermudah transaksi ketika belanja.

Namun, nyatanya, saat ini banyak pihak yang tidak betah dengan cicilan bulanan yang cukup besar, mencoba melunasi dengan cara yang lebih cepat yaitu dengan menggunakan kartu kredit.

Faktanya, apabila Anda melakukan ini dengan cara yang berlebihan, bukannya tidak mungkin Anda akan dikenakan denda dengan bunga setiap bulan, bahkan ada yang mencapai tagihan setiap harinya. Pada akhirnya, hal ini malah akan menambah beban Anda dalam membayar utang-utang.

3. Hindari Menjual Aset Investasi

Apabila Anda adalah seseorang yang memiliki tabungan investasi, dan juga sekaligus memiliki pinjaman kredit dalam jangka pendek, satu hal yang harus Anda ingat adalah jangan sampai menjual aset investasi itu untuk melunasi kredit jangka pendek.

Hal ini bisa saja sangat merugikan karena nilai tabungan investasi yang Anda rancang untuk jangka panjang tidak akan setimpal dengan peminjaman yang hanya untuk jangka pendek.

4. Hindari Sistem Top Up

Kini banyak sekali pihak bank yang mengurangi bunga setiap bulan apabila proses pembayaran cicilan dari nasabah berjalan dengan lancar. Nyatanya, pihak Bank tidak memberi potongan tersebut secara cuma-cuma.

Biasanya, akan ada sales dari pihak bank yang memaksa Anda untuk melakukan top up dengan menambah peminjaman menjadi dua buah pinjaman. Dengan menyebutkan berbagai macam kelebihan dan keuntungannya, tentu hal ini sekilas terlihat sangat menguntungkan.

Namun nyatanya, justru malah akan memberatkan beban Anda dengan memiliki dua jenis bayaran per bulan. Kecuali, Anda akan menggunakannya untuk sebuah usaha, di mana tentu Anda tidak akan kesulitan untuk membayar dua jenis tagihan tersebut.

5. Bayarlah Cicilan Sesuai Waktunya

Terakhir, Anda pun sangat tidak direkomendasikan untuk membayar kredit dalam jangka waktu yang lebih cepat.

Walaupun Anda sedang memiliki dana lebih dan ingin segera mengakhiri tagihan setiap bulan, alangkah lebih baik jika Anda tetap mengikuti sistem sampai tagihan perbulan benar-benar berakhir. Kalaupun ingin melunasi utang lebih cepat, siapkan uang dendanya terlebih dulu.

Gunakan Kredit Anda Secara Bijak

Kredit adalah sesuatu cara yang sangat menguntungkan, namun juga bisa merugikan apabila tidak digunakan dengan benar.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, paling tidak Anda akan terhindarkan dari kerugian-kerugian yang bisa disebabkan dari kesalahan sendiri yang bisa mengakibatkan kesulitan ketika sedang menggunakan kredit. (Ahm/Nrm)

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!