Yen Naik ke Posisi Tertinggi terhadap USD dalam 17 Bulan

97

redaksi.co.id – Yen Naik ke Posisi Tertinggi terhadap USD dalam 17 Bulan

Kurs yen menguat ke posisi tertinggi dalam 17 bulan terakhir terhadap dolar Amerika Serikat pada Selasa atau Rabu pagi, 6 April 2016, WIB karena para investor mencari perlindungan di tengah aksi jual ekuitas dan peringatan tentang pertumbuhan global yang lemah dari Dana Moneter Internasional (IMF). Yen menembus batas psikologis 110 sebelum tergelincir kembali ke 110,28 per dolar, posisi yang sama terakhir terlihat pada akhir Oktober 2014.

Unit Jepang juga naik menjadi 125,55 per euro dibandingkan dengan yang tertinggi pada Maret 2016, 122,07. “Banyak perdagangan menghindari risiko hari ini. Kami memiliki sedikit aksi jual di pasar ekuitas,” kata Boris Schlossberg dari BK Asset Management. Pasar terpukul oleh indikator ekonomi yang lemah di Eropa dan peringatan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde bahwa negara-negara maju perlu meningkatkan stimulus fiskal guna mencegah kemunduran ekonomi global.

“Kabar yang tidak begitu baik adalah pemulihan masih terlalu lambat, terlalu rapuh, dan risiko-risiko terhadap daya tahannya meningkat,” ucapnya memperingatkan di Frankfurt. “Negara-negara berkembang telah sebagian besar mendorong pemulihan dan harapan bahwa negara-negara maju akan mengambil tongkat pertumbuhan. Hal ini tidak terjadi,” ujarnya, seperti dilansir AFP . Sedangkan pound Inggris merosot kembali terhadap dolar Amerika, menjadi 1.4156 per dolar.

(red/ijayanto/W)

loading...

Comments

comments!