Uang Orang Indonesia di Luar Negeri Hingga Belasan Ribu Triliun

redaksi.co.id - Uang Orang Indonesia di Luar Negeri Hingga Belasan Ribu Triliun Jumlah uang orang Indonesia yang menyimpan uangnya di luar negeri mencapai belasan ribu triliun,...

16 0

redaksi.co.id – Uang Orang Indonesia di Luar Negeri Hingga Belasan Ribu Triliun

Jumlah uang orang Indonesia yang menyimpan uangnya di luar negeri mencapai belasan ribu triliun, sebab ada yang menyimpan dananya sejak 1970-an.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, ada beberapa negara yang menjadi favorit orang Indonesia dalam menyimpan dananya, seperti British Virgin Island, Cook Islands, dan Singapura.

“Negara yang tax heaven itu ya negara kecil, bicara berapanya agak susah, tapi potensinya GDP (Gross Domestic Product) Rp 11.400 triliun, dari perhitungan kasar potensinya uang Indonesia di luar negeri lebih besar dari GDP kita,” ujar Bambang, Selasa (5/4/2016).

Menurut Bambang, orang Indonesia menyimpan uang di luar negeri bukan dimulai dari beberapa tahun kebelakang saja, tetapi telah berlangsung sejak 1970, dimana pastinya menyimpan uang dalam mata uang dolar AS.

“Dari data itu, nama-namanya lama dan juga uangnya lama, rupiah kan sudah terdepresiasi, pernah Rp 2 Ribu Per dolar AS, pasti secara rupiah lebih besar (dihitung nilai kurs saat ini),” ujar Bambang.

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!