Messi Terancam Masuk Penjara, Barcelona Beri Dukungan Maksimal

redaksi.co.id - Messi Terancam Masuk Penjara, Barcelona Beri Dukungan Maksimal Ujian berat sedang tertuju ke kubu Barcelona. Baru saja mengalami kekalahan dari Real Madrid, akhir pekan...

28 0

redaksi.co.id – Messi Terancam Masuk Penjara, Barcelona Beri Dukungan Maksimal

Ujian berat sedang tertuju ke kubu Barcelona. Baru saja mengalami kekalahan dari Real Madrid, akhir pekan lalu, kini giliran kabar tak mengenakkan datang dari Lionel Messi. Sang mega bintang terancam hukuman penjara.

Seperti dirilis beberapa media Spanyol, kabar jelang laga Leg 1 Babak Perempat Final Liga Champions kontra Atletico Madrid tersebut, Messi masuk dalam daftar nama yang dianggap melakukan kegiatan illegal.

Dalam dokuman rahasia Panama alias Panama Papers, nama Messi masuk bersama sang ayah, Jorge, beberapa petinggi FIFA dan mantan presiden UEFA, Michel Platini. Sang Messiah disebut-sebut menggunakan jasa perusahaan ketiga untuk menghindari pajak.

Tindakan tersebut menjadi justifikasi kalau Messi melakukan kejahatan terstruktur berupa penggelapan pajak. Kasus ini menjadi pukulan beruntun bagi Messi, karena ia juga sedang menanti persidangan karena kasus pajak. Sidang perdana dijadwalkan bakal berlangsung pada Mei mendatang, sebelum perhelatan Copa America Centenario 2016.

Seperti dirilis Sport.es, dokumen Panama mengungkapkan keterlibatan Messi dan sang ayah dalam pembentukan jaringan penipuan pajak. Keduanya diduga menggunakan perusahaan asal Panama, yakni Mega Star Enterprise, sebagai medium untuk ‘lari’ dari kewajiban membayar pajak. Pajak yang dimaksud berkaitan dengan hak komersiil dan hal citra dari Messi.

Proses yang diduga dilakukan Messi dan Jorge, tergolong berliku. Sebelum berhenti di Mega Star Enterprise, keduanya menggunakan jasa perantara dari perusahaan lain yang berasal dari Uruguay.

Setelah itu, perusahaan asal Uruguay ini menggunakan jasa firma pengelolaan uang dan asset asal Kosta Rika. Nah, pihak terakhir inilah yang memasukkan dana Messi dan Jorge ke Mega Star Enterprise, yang ujung-ujungnya bisa mengurangi atau bahkan meniadakan kewajiban pembayaran pajak atas hak komersiil dan hak citra Messi.

Pihak keluarga sudah melakukan bantahan atas segala tuduhan yang tertera di dokumen Panama Papers. Kubu Barcelona juga mengaku akan memberikan dukungan penuh pada Messi, agar kasus yang menjeratnya bisa segera selesai, dan La Pulga bebas dari tuntutan hukum yang bisa membuatnya mendekam di balik jeruji besi penjara.

“Kami mendukung penuh langkah keluarga. Manajemen juga sudah menyatakan dukungan sejak kali pertama Panama Papers muncul. Kami akan menyiapkan semuanya,” tulis kubu Barcelona. Berdasar peringkat Forbes, LionelMessimemiliki penghasilan 74 juta dolar AS atau lebih dari Rp 1,1 triliun sepanjang tahun 2015. Penghasilan dari gaji dan kegiatan komersiiltersebut membuat Messiberada di peringkat ke-13 daftar selebriti dengan penghasilan terbesar tahun lalu.

Sumber: Sport.es, FC Barcelona

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!