Uji Ketahanan dan Kekuatan iPhone SE Mengecewakan

142

redaksi.co.id – Uji Ketahanan dan Kekuatan iPhone SE Mengecewakan

REPUBLIKA.CO.ID, Smartphone terbaru iPhone SE baru saja meluncur bulan lalu. Lalu bagaimanakah kekuatan dan ketahanan dari teknologi terbaru smartphone keluaran Apple ini?

SquareTrade, dilansir laman Foxnews Selasa (5/4) sebuah layanan yang menawarkan asuransi untuk perangkat dan peralatan, melakukan rangkaian tes uji ketahanan dan kekuatan pada iPhone SE dan membandingkannya dengan iPhone 6s dan iPhone 6s Plus.

Uji tes yang dilakukan mulai dari drop test, guncangan, direndam air, hingga kelenturan (bend test).

Setelah menjalani serangkaian tes, ternyata hasil tes iPhone SE kurang memuaskan. iPhone SE ternyata memiliki ketangguhan yang tidak cukup kuat bila dibandingkan dengan iPhone 6S dan 6S Plus. Contohnya saat pengujian direndam dalam air, iPhone SE dalam langsung mati dalam hitungan menit.

Sementara iPhone 6S mampu bertahan hingga 30 menit meski dengan konsekuensi suara audio yang hilang. Dan iPhone 6S Plus hanya mampu bertahan 10 menit dan langsung mati.

Kemudian ke tes guncangan, tampak iPhone SE bisa mengimbangi ketahanan dari iPhone 6S dengan hanya tergores di bagian ujung. Sementara iPhone 6S Plus layarnya menjadi rusak dan retak seperti jaring laba-laba.

Dalam tes drop test, baik iPhone SE, iPhone 6S dan 6S Plus sama-sama mengalami kerusakan di bagian layar ketika dijatuhkan dari ketinggian kurang lebih 1,8 meter. Namun, kerusakan paling parah dialami oleh iPhone SE.

Pada saat diuji kelenturan (bend test), iPhone SE juga kembali menunjukan kelemahannya. Dengan bobot setara dengan 72 kg, iPhone SE sudah melengkung. Padahal bobot tersebut lebih rendah dari bend test untuk iPhone 6S dan iPhone 6S Plus. Sebelumnya, pada tahun 2014 sempat muncul laporan bahwa iPhone 6 Plus bisa dengan mudah bengkok, meskipun Apple mengatakan kehebohan itu berlebihan.

Setelah menyelesaikan tes yang ketat, SquareTrade memberikan iPhone SE skor breakability 5,5 dan peringkat “risiko menengah”. Dalam peringkat SquareTrade ini, 1 adalah skor risiko terendah dan 10 adalah risiko tertinggi. IPhone 6s dan iPhone 6s Plus memiliki skor breakability 4 dan 6,5, masing-masing, dengan kedua ponsel peringkat “risiko menengah.”

“Setelah menjatuhkan, mencelupkan, lentur dan jatuh ponsel, SquareTrade menemukan bahwa iPhone 6s masih yang paling tahan lama – mengalahkan iPhone SE dan iPhone 6s Plus di hampir setiap tes,” jelas SquareTrade, dalam siaran pers.

(red/ris/ahyudianto/AW)

loading...

Comments

comments!