Nama Disebut Panama Papers, Begini Reaksi Michel Platini

redaksi.co.id - Nama Disebut Panama Papers, Begini Reaksi Michel Platini Presiden UEFA yang tengah ditangguhkan, Michel Platini membantah kasus pengemplangan pajak ilegal yang bocor melalui Panama...

34 0

redaksi.co.id – Nama Disebut Panama Papers, Begini Reaksi Michel Platini

Presiden UEFA yang tengah ditangguhkan, Michel Platini membantah kasus pengemplangan pajak ilegal yang bocor melalui Panama Papers. Anggota kawakan komite eksekutif FIFA ini mengatakan semua akun dan asetnya dikenal oleh otoritas pajak.

Pernyataan ini dikatakan Platini setelah namanya disebut dalam bocoran dokumen yang mengungkapkan tentang rekening perusahaan lepas pantai dari firma hukum Panama, Mossack Fonseca.

Menurut surat kabar Le Monde, dilansir dari ESPN, Selasa (5/4), Platini mengelola perusahaan offshore yang didanai di Panama pada 2007. Perusahaan bisnis tersebut dinamai Balney Enterprises Corp.

Sementara itu, dalam sebuah pernyataan pada Senin (4/4) waktu setempat penasihat Platini mengungkapkan tanggapan dari mantan pemain timnas Prancis itu.

“Ingin menginformasikan bahwa, sebagaimana ia nyatakan berkali-kali kepada jurnalis yang bertugas dalam investigasi, semua akun dan asetnya diketahui oleh otoritas pajak di Swiss, di mana ia menjadi penduduk fiskal sejak 2007,” kata penasehat Platini.

Namun demikian, penasehat Platini tersebut menolak untuk mengkonfirmasi apakah ia benar-benar mengelola perusahaan itu. Platini yang diskorsing oleh komite etik FIFA pada Oktober lalu, kini tengah menjalani hukuman larangan berkecimpung di dunia olahraga selama enam tahun.

Hukuman itu muncul atas skandal dana sebesar 2 juta dollar yang diterima Platini pada 2011. Dana tersebut saat itu disetujui oleh presiden FIFA Sepp Blatter.

FIFA sendiri telah meluncurkan sebuah investigasi terhadap laporan yang menyebutkan adanya hubungan antara mantan wakil presiden FIFA Eugenio Figueredo dan anggota Komite Etik, Juan Pedro Damiani.

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!