Semua Fakta Panama Papers

redaksi.co.id - Semua Fakta Panama Papers Jutaan dokumen yang bocor telah mengungkapkan bagaimana orang-orang kaya dan berkuasa menyembunyikan kekayaan mereka.Dokumen berukuran 2,6 Terabyte itu bocor dari...

24 0

redaksi.co.id – Semua Fakta Panama Papers

Jutaan dokumen yang bocor telah mengungkapkan bagaimana orang-orang kaya dan berkuasa menyembunyikan kekayaan mereka.

Dokumen berukuran 2,6 Terabyte itu bocor dari salah satu perusahaan paling tertutup di dunia, sebuah firma hukum asal Panama yang disebut Mossack Fonseca.

Berikut ini penjelasan mengenai apa itu skandal Panama Papers, dikutip dari BBC, Senin (4/4).

Apa itu Panama Papers?

Dokumen-dokumen tersebut menunjukkan klien Mossack Fonseca bisa mencuci uang mereka, mengelak dari sanksi dan menghindari pajak. Dalam salah satu kasus, perusahaan itu menawarkan seorang jutawan asal Amerika Serikat memalsukan catatan kepemilikan untuk menyembunyikan uang dari otoritas. Ini merupakan pelanggaran langsung regulasi internasional yang didesain menghentikan pencucian uang dan penggelapan pajak.

Siapa saja yang tercantum dalam Panama Papers?

Ada sejumlah tautan kepada 12 mantan kepala negara atau kepala negara yang masih menjabat, termasuk para diktator yang dituduh menjarah negara mereka sendiri. Lebih dari 60 kerabat dan rekan kepala negara serta politisi terlibat. Panama Papers juga mengungkapkan lingkaran pencucian uang yang diduga berjumlah miliaran dolar AS yang melibatkan rekan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dalam dokumen juga disebutkan kakak ipar Presiden Cina Xi Jinping, Presiden Ukraina Petro Poroshenko, Presiden Argentina Mauricio Macri, almarhum ayah PM Inggris David Cameron dan tiga anak dari PM Pakistan Nawaz Sharif. Panama Papers mengungkap PM Islandia Sigmundur Gunnlaugsson mempunyai harta terkait kekayaan istrinya yang tidak disebut.

Dia kini menghadapi seruan untuk mundur. Badan sepak bola dunia FIFA juga tak luput dari skandal ini. Sebagian dokumen mengatakan anggota utama komite etik FIFA, seorang pengacara Uruguay Juan Pedro Damiani dan firmanya menyediakan bantuan hukum bagi sedikitnya tujuh perusahaan yang beroperasi di wilayah surga pajak terkait mantan wakil presiden FiFA yang ditahan Mei lalu.

Bagaimana surga pengemplang pajak bekerja?

Meski ada cara legal melakukan pengemplangan pajak, sebagain besar cara yang dilakukan adalah menyembunyikan pemilik uang sebenarnya, asal uang dan menghindari membayar pajaknya. Sejumlah dugaan utama adalah dibentuknya beberapa perusahaan bayangan (shell companies). Dari luar perusahaan ini tampak seperti menjalankan bisnis yang legal. Namun, sebenarnya hanya perusahaan kosong. Mereka hanya mengelola uang dan menyembunyikan pemiliknya.

Apa yang disampaikan pihak yang terlibat?

Mossack Fonseca mengatakan telah beroperasi selama 40 tahun dan tidak pernah dituduh atau didakwa melakukan pelanggaran hukum. Juru bicara Vladimir Putin, Dmitry Peskov mengatakan laporan itu diserahkan kepada jurnalis dan anggota organisasi lain yang secara aktif mendiskreditkan Putin dan kepemimpinannya.

Dalam wawancara dengan televisi Swedia, Gunnlaugsson mengatakan urusan bisnisnya legal dan terbuka. Dia kemudian membatalkan wawancara. FIFA mengatakan sedang menyelidiki Damiani.

Siapa yang membocorkan Panama Papers?

Dokumen sebanyak 11,5 juta itu didapat surat kabar Jerman Sueddeutsche Zeitung. Surat kabar ini lantas membaginya dengan Konsorsium Internasional Jurnalis Investigatif (ICIJ). ICIJ lantas bekerja sama dengan jurnalis dari 107 media di 76 negara, termasuk surat kabar Inggris The Guardian untuk menganalisis dokumen selama lebih dari satu tahun.

BBC tidak tahu identitas sumbernya. Skandal Panama Papers merupakan kebocoran dokumen terbesar dalam sejarah melebihi dokumen yang dibocorkan Wikileaks. Terdapat 214 ribu entitas, termasuk perusahaan, wali amanat dan yayasan. Informasi dalam Panama Papers paling awal adalah tahun 1977 hingga Desember tahun lalu. Dokumen yang dibocorkan paling banyak melalui email. Ada pula gambar kontrak dan paspor.

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!