Komputer Anda Tiba-Tiba Terkunci? Lakukan Hal Ini!

redaksi.co.id - Komputer Anda Tiba-Tiba Terkunci? Lakukan Hal Ini! Di saat Anda sedang mengerjakan sebuah tugas penting, atau Anda sedang menghabiskan waktu luang dengan bermain Solitaire,...

37 0

redaksi.co.id – Komputer Anda Tiba-Tiba Terkunci? Lakukan Hal Ini!

Di saat Anda sedang mengerjakan sebuah tugas penting, atau Anda sedang menghabiskan waktu luang dengan bermain Solitaire, tiba-tiba komputer Anda terkunci atau membeku, sama sekali tak merespon apapun perintah Anda.

Dan sebagai orang awam, Anda tak selalu tahu bagaimana cara mengatasinya. Lalu, apa yang Anda lakukan selanjutnya?

Pertama, Anda bisa melakukan restart pada komputer Anda, OK, langkah ini memang sudah sangat jelas. Tapi, Anda jangan sekali-sekali mencabut steker listrik atau flip switch pada strip daya. Anda cukup tekan dan tahan tombol power komputer selama 5 sampai 10 detik, cara tersebut akan restart dengan gangguan kurang dari daya yang hilang.

Setelah melakukan restart apa yang akan terjadi selanjutnya? Kemungkinan akan ada tiga hal yang paling sering yang akan terjadi.

Komputer dimulai baik-baik saja

Komputer Meminta Anda Untuk Boot

Jika komputer membeku lagi, maka Anda dapat memilih untuk boot dalam “Safe Mode dengan Jaringan.” Kemudian gunakan komputer dan, jika tidak membeku lagi, masalah tersebut mungkin software. Jika itu membeku lagi, itu bisa menjadi perangkat lunak atau perangkat keras.

Komputer Membeku Kembali

#Tips Dasar Software

Pembekuan komputer sesekali atau konsisten bisa menjadi merupakan ulah dari sebuah program. Menggunakan cara pintas keyboard CTRL + SHIFT + ESC untuk membuka Windows ‘Task Manager, kemudian pilih tab “Performance”. Pada Windows 8.1 dan 10, Anda mungkin perlu klik link “lebih rinci” di bagian bawah Task Manager untuk melihat itu.

Anda mulai menggunakan komputer Anda seperti biasa, tapi teruslah awasi program pada CPU, memori dan disk kategori. Jika komputer membeku kembali, Anda dapat melakukan restart kembali, setelah itu buka Task Manager lagi. Tapi kali ini, pilih “Processes” tab. Mengurutkan daftar oleh CPU, memori atau disk, yang mana benar-benar besar penggunannya sebelum terakhir kali komputer membeku. Anda bisa melihat proses apa yang muncul sebelum komputer membeku. Cara tersebut, dapat memberitahu Anda software apa yang menjadi penyebabnya, sehingga Anda dapat menghapus atau memperbarui itu. Pelajari cara untuk mengungkap proses apa yang memberitahu Anda tentang program Anda.

Virus juga bisa yang menyebabkan masalah. Pastikan untuk menjalankan scan dengan perangkat lunak keamanan Anda untuk melihat apakah ada sesuatu yang seharusnya tidak ada.

Dalam kasus di mana komputer Anda membeku selama startup di mode normal tetapi boots OK di Safe Mode, masalah bisa menjadi program yang memuat selama urutan boot. Menggunakan program seperti Autoruns untuk memilih menonaktifkan program yang dimulai pada startup dan melihat mana yang menyebabkan masalah.

Jika komputer Anda membeku selama startup, dan itu pada titik yang sama, maka masalah bisa terjadi di Windows, atau masalah hardware. Cara cepat untuk memberitahu adalah untuk ambil Live CD untuk sistem operasi lain, seperti Linux Mint atau ekor, dan boot dengan itu.

Jika boot sistem operasi lain OK, maka Anda mungkin melihat sebuah masalah dengan Windows, dan Anda mungkin perlu menginstal ulang. Bagi Anda yang menggunakan Windows 10 (dan 8), maka ada pilihan Refresh atau fitur ulang yang seharusnya mengembalikan Windows ke keadaan pabrik. Anda bisa masuk ke Pengaturan >> Update dan recovery >> Recovery. Jika Windows mengalami kesulitan awal, itu harus muncul opsi Pemulihan selama boot yang mencakup ini, atau Anda mungkin harus menggunakan disk.

Jika non-sistem operasi Windows memiliki masalah, juga, saatnya untuk melihat hardware Anda.

Sebuah komputer yang tetap membeku baik dalam mode normal dan Safe Mode atau dengan sistem operasi lain, menunjukkan masalah dengan hardware komputer Anda. Bisa jadi hard drive Anda, CPU overheating, memori buruk atau catu daya gagal, atau masalah pada motherboard, tapi itu jarang terjadi.

Biasanya dengan masalah hardware, pembekuan akan sporadis pada awal dan peningkatan seiring waktu. Atau akan memicu saat komputer bekerja keras tetapi tidak ketika Anda melakukan hal-hal yang lebih mendasar. Untungnya, Anda dapat menjalankan beberapa pemeriksaan untuk melihat apakah itu yang terjadi.

Menggunakan program seperti CrystalDiskInfo untuk memeriksa hard drive Anda S.M.A.R.T. Data tanda-tanda kegagalan akan datang. Sebuah program seperti SpeedFan dapat memberitahu Anda jika prosesor komputer Anda terlalu panas atau jika tegangan berfluktuasi, yang mungkin menunjukkan power supply bermasalah.

Jika Anda ingin pergi lebih mendalam, Anda dapat mengambil CD diagnostik seperti FalconFour Ultimate Boot CD. Program tersebut memiliki banyak tools untuk memeriksa komputer Anda, termasuk memtest, yang menempatkan tekanan pada RAM komputer Anda untuk melihat apakah itu bekerja OK.

Anda juga bisa pelajari tanda-tanda bahwa komputer Anda bisa dekat dengan kerusakan. Jika komputer Anda masih dalam garansi, Anda akan ingin menghubungi produsen atau penjual. Tapi kalau itu komputer yang lebih tua, Anda harus memutuskan apakah itu lebih murah untuk memperbaiki atau menggantinya. Cari tahu pada titik apa Anda hanya harus memotong kerugian Anda.

(red/ramanta/utra/amungkas/BPP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!