Facebook Bantu Tunanetra Kenali Gambar, Begini Caranya

redaksi.co.id - Facebook Bantu Tunanetra Kenali Gambar, Begini Caranya Facebook telah membangun sebuah sistem visi komputer untuk membantu penyandang tunanetra menafsirkan gambar yang dibagikan jejaring sosial...

48 0

redaksi.co.id – Facebook Bantu Tunanetra Kenali Gambar, Begini Caranya

Facebook telah membangun sebuah sistem visi komputer untuk membantu penyandang tunanetra menafsirkan gambar yang dibagikan jejaring sosial itu. Aplikasi iOS Facebook menggunakan teknologi pengenalan obyek untuk memberi warga tunanetra suatu rincian audio tentang yang terjadi pada foto yang ada di jejaring sosial itu.

Fitur aksesibilitas baru itu, yang meluncur hari ini, 5 April 2016, bisa jadi merupakan perbaikan besar pada pembaca layar yang ada, yang sebagian besar berfokus pada teks.

Sampai saat ini, ketika memeriksa newsfeed Facebook, pengguna tunanetra akan menemukan gambar. Mereka hanya akan mendengar kata “photo” dan nama orang yang berbagi. Mereka bergantung pada teman-teman dan keluarga untuk menafsirkan gambar itu.

Untuk meningkatkan pengalaman bagi penyandang tunanetra, Facebook telah menggunakan data gambar pengguna untuk melatih sebuah jaringan saraf dalam yang mengendalikan sistem visi komputer yang dikembangkan untuk mengenali obyek dalam gambar.

Facebook kemudian menerjemahkannya menjadi “alt text”, standar WC3 untuk memberikan alternatif teks bagi gambar yang dapat diinterpretasikan pembaca layar. Hal ini berarti bahwa setiap pembaca layar dapat mengambil output alt text Facebook dan membacakan gambar kepada pengguna.

Mulai Selasa ini, para penyandang tunanetra di pasar yang berbahasa Inggris menggunakan aplikasi iOS Facebook akan mulai mendengar hal-hal seperti “gambar mungkin berisi: tiga orang, tersenyum, dan di luar ruangan”.

Facebook menilai sistem itu bisa dimanfaatkan 39 juta penyandang tunanetra di dunia dan 246 juta penderita masalah visual dalam percakapan tentang foto di Facebook.

ZDNET | ERWIN Z

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!