Samsung Terima Paten Lensa Kontak Augmented Reality

215

redaksi.co.id – Samsung Terima Paten Lensa Kontak Augmented Reality

Dengan Gear VR, Samsung menjadi salah satu perusahaan pertama yang menginjakkan kakinya di pintu virtual reality. Kini, raksasa elektronik asal Korea Selatan ini juga bereksperimen dengan augmented reality.

Samsung telah menerima paten untuk lensa kontak “pintar”, yang awalnya diajukan pada September 2014. Lensa itu akan memiliki kamera, sensor gerakan, pemancar dan satu unit layar, menurut Softpedia.

Lensa itu akan bekerja bersama dengan smartphone, tempat perintah ke lensa dilakukan dengan kedipan, yang kemudian dikirim ke ponsel untuk diproses. Foto dan video juga dapat dikirim dari ponsel cerdas untuk dilihat melalui lensa.

Virtual reality menjadi mainstream pada 2016 dengan peluncuran Oculus Rift dan HTC Vive, tetapi augmented reality belum mengalami hal yang sama.

Samsung bukan satu-satunya yang menggarap AR. Sebuah versi prototipe dari perangkat AR Hololens dari Microsoft tersedia untuk pengembang, dan Google telah berkecimpung dengan augmented reality selama bertahun-tahun, terutama dengan proyek Google Glass.

Google juga dikenal bereksperimen dengan lensa kontak cerdas, meski kemitraannya dengan perusahaan farmasi Swiss Novartis terlihat menghasilkan produk yang lebih fokus pada kesehatan.

Samsung mengajukan paten itu September 2014, dan baru menerimanya minggu lalu.

CNET | ERWIN Z

(red/ijayanto/W)

loading...

Comments

comments!