Presiden Jokowi Resmikan 5 Pelabuhan Indonesia Timur

156

redaksi.co.id – Presiden Jokowi Resmikan 5 Pelabuhan Indonesia Timur

Presiden Joko Widodo hari ini, Rabu, 6 April 2016, meresmikan lima pelabuhan yang menjadi penghubung utama kawasan Indonesia Timur. Sedangkan Selasa kemarin, 5 April 2016, Jokowi telah meresmikan Pelabuhan Wasior di Teluk Wondama, Kabupaten Teluk Wondana, Provinsi Papua Barat.

Kepala Dinas Perhubungan Halmahera Utara Yudihat Noya menjelaskan lima pelabuhan yang akan diresmikan Jokowi hari ini dipusatkan di Pelabuhan Tobelo, Halmahera Utara, Provinsi Malulu Utara. Seluruhnya dibangun dengan anggaran tahun jamak senilai Rp 739 miliar, katanya.

Pelabuhan Tobelo yang mulai dibangun sejak 2008 direncanakan menjadi pelabuhan penumpang dan barang (kargo umum). Pembangunannya mencakup fasilitas Dermaga General Cargo seluas 174 X 8 M2, Dermaga Penumpang I 50 X 10 M2.

Selain itu juga Dermaga Penumpang II seluas 85 X 10 M2, Dermaga Peti Kemas II 170 X 20 M2, Trestle General Cargo 12 X 6 M2 dan Trestle Peti Kemas 64 X 10 M2.

Ada pula fasilitas darat yang dibangun, yakni kantor seluas 15 X 6 M2, Lapangan Penumpukan Barang I 10.118 M2, Lapangan Penumpukan Barang II 20.000 M2, Gudang 10 X 30 M2, lapangan parkir, pos jaga, jalan induk dan jalan poros.

Pelabuhan lain yang juga diresmikan adalah Pelabuhan Galela. Mulai dibangun 2006 dan selesai 2015 dengan biaya Rp 35,4 miliar. Pelabuhan ini dilengkapi dermaga seluas 130 X 8 M2, Causeway 17 X 6 M2, dan Trestle 28 X 6 M2.

Fasilitas pendukung yang juga dibangun di Pelabuhan Galela, antara lain, kantor, lapangan penumpukan barang, terminal penumpang, pos jaga, gudang, gedung serbaguna, tempat ibadah dan lapangan parkir.

Pelabuhan Galela merupakan pelabuhan pengumpang lokal yang juga berada di Kabupaten Halmahera Utara dan berfungsi sebagai pangkalan transportasi laut bagi masyarakat Kabupaten Halmahera Utara. “Pelabuhan Tobelo dan Pelabuhan Galela menjadi penghubung lima kabupaten di Pulau Halmahera,” ujar Yudihat.

Selain Pelabuhan Tobelo dan Pelabuhan Galela, Jokowi juga akan mersmikan Pelabuhan Tutu Kembong yang terletak di Pulau Saumlaki, Maluku Tenggara Barat. Pelabuhan ini dibangun untuk menunjang transportasi penumpang dan perekonomian masyarakat setempat.

Pelabuhan Tutu Kembong dibangun dengan daya tampung 1.000 DWT. Rencananya, akan ada tiga trayek kapal perintis rute Saumlaki-Ambon yang singgah di 18 dermaga pulau sekitar secara reguler.

Adapun dua pelabuhan lainnya adalah Pelabuhan Wonreli dan Pelabuhan Teor. Kedua pelabuhan itu juga berstatus sebagai pelabuhan penumpang lokal di perairan Maluku. Fungsi dua pelabuhan ini akan ditingkatkan dengan dibangunnya terminal peti kemas pada 2035 mendatang.

(red/ngga/eksa/AR)

loading...

Comments

comments!