Ini Aplikasi Khusus bagi Anak Autis

redaksi.co.id - Ini Aplikasi Khusus bagi Anak Autis Teknologi tidak saja hanya dipakai oleh orang normal, tapi kelompok lain juga ada yang menggunakannya seperti penyandang autis.Orang...

25 0

redaksi.co.id – Ini Aplikasi Khusus bagi Anak Autis

Teknologi tidak saja hanya dipakai oleh orang normal, tapi kelompok lain juga ada yang menggunakannya seperti penyandang autis.

Orang autisme mulai menggunakan aplikasi sebagai alat melayani kebutuhan mereka agar terampil berkomunikasi. Dilansir laman Mashable, Selasa (5/4) berikut aplikasi yang dibutuhkan bagi penyandang autis:

Injini: Child Development Game Suite

Injini adalah kumpulan permainan yang berisikan pembelajaran. Aplikasi ini berusaha mendukung anak-anak dengan kognitif, bahasa dan motorik penundaan. Permainan ini dibuat khusus untuk anak-anak autis guna membantu mereka mengembangkan motori, bahasa, baik keterampilan, memahami sebab dan akibat, mengakui kesadaran spasial, dan bekerja pada memori pemrosesan visual. Semua permainan di dalamnya tidak menyebabkan hukuman meski mereka menjawab salah. Aplikasi permainan ini mengajak mereka untuk mencoba lagi bila belum bisa menemukan jawaban yang benar. Aplikasi ini tersedia untuk iOS seharga 29,99 dolar AS atau sekitar Rp 400 ribu.

Pictello

Pictello adalah aplikasi kreatif yang dibuat oleh AssistiveWare yang memungkinkan pengguna membuat album foto pribadi atau buku gambar. Setiap halaman dari aplikasi ini didukung dengan audio sehingga pengguna dapat merekam diri mereka sendiri. Aplikasi ini sangat berguna ketika pengguna mengalami keadaan tertekan, seperti janji ke dokter, atau mengunjungi tempat asing bagi mereka. Tersedia untuk iOS dengan membayar 19,99 dolar AS atau sekitar Rp 280 ribu.

Emergency Chat

Emergency Chat adalah sebuah aplikasi yang dibuat untuk situasi darurat di mana komunikasi adalah yang utama. Layar utama memiliki teks yang menjelaskan seseorang ingin menggunakan aplikasi untuk berkomunikasi. Layar berikutnya berfungsi sebagai laman chatting sederhana yang memungkinkan dua orang untuk berkomunikasi kembali dan sebagainya. Aplikasi ini tersedia gratis di iOS dan Android.

Autism Apps

Aplikasi ini dibuat sederhana dengan sentuhan khusus bagi penyandang autisme. Dalam artian aplikasi ini akan menampilkan daftar lengkap aplikasi yang digunakan oleh orang-orang pada spektrum autisme. Aplikasi dikategorikan dengan informasi yang luas sehingga mudah bagi pengguna untuk menemukan apa yang mereka butuhkan. Aplikasi ini tersedia gratis di iOS.

(red/uhammad/irmansyah/MF)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!