Rentan Korupsi, KPK Akan Tempatkan Tim Satgas di Enam Provinsi Ini

redaksi.co.id - Rentan Korupsi, KPK Akan Tempatkan Tim Satgas di Enam Provinsi Ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana akan menempatkan tim satuan tugas (satgas) terpadu di...

14 0

redaksi.co.id – Rentan Korupsi, KPK Akan Tempatkan Tim Satgas di Enam Provinsi Ini

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana akan menempatkan tim satuan tugas (satgas) terpadu di enam provinsi yang kerap terjadi korupsi.

Hal tersebut disampaiakan langsung oleh Wakil Ketua KPK,Basaria Panjaitan.

Keenam provinsi tersebut adalah Sumatera Utara, Riau, Banten, dan tiga daerah penerima otonomi khusus (Otsus) seperti Papua, Papua Barat, dan Aceh.

Ada enam provinsi dari 34 provinsi yang akan menjadi pilot project KPK. Provinsi ini mejadi pilot project karena daerah tersebut sering kepala daerahnya tersangkut kasus korupsi, ujarnya usai membuka pelatihan advokasi bagi Saya Perempuan Antikorupsi (SPAK) Aceh di Hotel Mekkah, Banda Aceh, Kamis (7/4/2016).

Menurutnya, provinsi yang dipilih adalah yang rata-rata gubernurnya sudah tiga kali berurusan dengan KPK karena korupsi.

Kita tidak pengen gubernurnya tersangkut keempat kali, ujarnya.

Basaria yang didampingi Juru Bicara KPK, Yuyuk Andriati, mengungkapkan, seringnya terjadi praktik korupsi karena adanya kesalahan sistem dalam menjalankan roda pemerintahan.

Di setiap provinsi, tambahnya, pihaknya akan menempatkan enam petugas yang bertugas sebagai pencegahan tiga orang dan sebagai penindakan tiga orang.

Nanti mereka mendampingi seluruh kegiatan yang dilakukan pemerintah daerah. Apabila dalam pendampingan ini juga terjadi korupsi, tetap kita tindak, tegas dia.(*)

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!