7 Orang Terkenal Ini Dipenjara karena Tak Bayar Pajak

redaksi.co.id - 7 Orang Terkenal Ini Dipenjara karena Tak Bayar Pajak Negara mewajibkan warganyamembayar pajak bagi yang sudah berpenghasilan. Sasaran wajib pajak di sebuah negara merata...

22 0

redaksi.co.id – 7 Orang Terkenal Ini Dipenjara karena Tak Bayar Pajak

Negara mewajibkan warganyamembayar pajak bagi yang sudah berpenghasilan. Sasaran wajib pajak di sebuah negara merata di semua lapisan, tak terkecuali mereka yang para publik figur.

Sayangnya, tak semua para wajib itu taat membayar pajak. Banyak juga orang terkenal yang sengaja menghindari pajak sehingga mereka tersandung kasus hukum.

Dilansir dari Time, Rabu (6/4/2016), di Amerika Serikat, pajak biasanya disebut sebagai tagihan IRS atau Internal Revenue Service, atau bisa juga disebut pendapatan negara yang salah satunya berasal dari pajak.

Pertama adalah Willie Nelson. Penyanyi, produser musik dan penulis puisi ini berutang pajak US$ 16,7 juta pada 1990.

Richard Hatch, yang namanya beken karena serial reality show The Survivor juga pernah tersandung masalah pajak, Dia memenangkan hadiah the Survivor senilai US$ 1 juta dan lupa membayar pajak atas hadiah itu. Akhirnya dia dipenjara selama tiga tahun, keluar dan kembali dipenjara.

Ada juga pengusaha hotel Leona Helmsley yang pernah dipenjara gara-gara pajak. Leona menuliskan pembiayaan renovasi rumah senilai US$ 4 juta sebagai pengeluaran bisnis.

Dia juga bertikai dengan kontraktor yang mengerjakan rumahnya. Gugatan hukum yang diajukan kontraktor memicu munculnya masalah pajak yang menyeret Leona. Akhirnya Leona divonis penjara empat tahun namun hanya menghabiskan masa tahanan selama 21 bulan.

Bagi penggemar film Hollywood pasti tak asing mendengar nama Wesley Snipes. Aktor pemeran utama sekuel film Blade ini tidak tidak membayar pajak pada kurun 1999 hingga 2001.

Snipes berutang ke IRS ssebsar US$ 7 juta dan gagal membayar saat tagihan masuk jatuh tempo. Akhirnya teman adu akting Jennifer Lopez di film Money Train ini divonis penjara selama tiga tahun di penjara federal dan menghabiskan masa tahanan selama 845 hari.

Pete Rose, atlet baseball terkenal mendapatkan uang dari menjual memorabilia, bermain baseball juga memberikan tandatangan. Namun dia gagal melaporkan ini sebagai pendapatan dan akhirnya berutang pada IRS sebesar US$ 355 ribu. Dia dipenjara lima bulan dan membayar denda.

Komedian AS, Sinbad yang punya nama asli David Adkins sudah dua kali menyatakan kebangkrutannya: di 2009 dan di 2013. Kedua kalinya, dia punya tagihan US$ 11 juta dan berutang pada IRS sebesar US$ 8 juta.

Penjahat Al Capone juga dipenjara karena tujuh tahun gagal membayar pajak. Dia dibebaskan karena berperilaku baik dan meninggal tujuh tahun kemudian. (Zul/Ahm)

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!