Jokowi: Perawatan Fasilitas Pembangkit Listrik Lemah

redaksi.co.id - Jokowi: Perawatan Fasilitas Pembangkit Listrik Lemah Presiden Joko Widodo melakukan inspeksi mendadak di salah satu Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Daruba di desa Juwanga,...

13 0

redaksi.co.id – Jokowi: Perawatan Fasilitas Pembangkit Listrik Lemah

Presiden Joko Widodo melakukan inspeksi mendadak di salah satu Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Daruba di desa Juwanga, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara pada Rabu pagi, 6 April 2016. Sidak dilakukan Jokowi setelah mendengar kabar bahwa masih adanya proyek pembangkit listrik yang mangkrak di sana.

Setibanya di lokasi, PLTS yang dimaksud ternyata berjalan seperti biasanya. Setelah berkeliling selama 15 menit, sambil mendengar penjelasan dari petugas PLTS dan Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral Sudirman Said, Jokowi kemudian memutuskan untuk pulang. Kata dia, walau ternyata PLTS berjalan normal, masih ada beberapa masalah.

“Di sini memang ada beberapa kerusakan. Ini PLTS sebesar ini, yang jaga cuma satu (orang) saja,” kata Jokowi sebelum meninggalkan lokasi. Sudirman Said, yang ikut mendampingi Jokowi, mengatakan bahwa permasalahan sumber daya manusia memang salah satu kendala yang dialami PLTS yang mampu menghasilkan energi listrik 600 kilowatt itu.

Hanya ada dua orang yang bergantian jaga untuk mengoperasikan sekaligus merawat PLTS yang didirikan pada 2012 itu. “Aspek pemeliharaan harus ditingkatkan. Daerah terpencil seperti Morotai ini banyak di daerah lain. Harus dibuat standar yang berbeda dari main land (pulau utama),” kata Sudirman.

Peningkatan kualitas dan penambahan tenaga ahli, menurut Sudirman, harus dilakukan. Lewat kerja sama dengan universitas setempat, hal ini menurutnya bisa dilakukan. Sidak yang dilakukan Jokowi dan Sudirman Said, merupakan salah satu bagian dari kunjungan Jokowi ke Morotai. Ia datang untuk meresmikan PLTS kedua yang berlokasi di Desa Wawama, Morotai Selatan, Maluku Utara.

Ia berharap dengan adanya PLTS baru, kebutuhan sekitar 3.917 warga Morotai yang belum punya akses listrik bisa terpenuhi. Namun Jokowi juga meminta warga dan pejabat pemerintah daerah, agar ikut berpartisipasi menjaga dan mengontrol fasilitas ini.

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article
  • Uncategorized

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!