Apa Itu Perusahaan Cangkang dalam Panama Papers?

607

redaksi.co.id – Apa Itu Perusahaan Cangkang dalam Panama Papers?

Jutaan lembar dokumen berisi informasi sejak 1977 sampai awal 2015 yang bocor dari firma hukum Mossack Fonseca menggambarkan dunia tanpa pajak bekerja. Mereka yang tercatat dalam dokumen Panama Papers pernah menyewa Mossack Fonseca untuk mendirikan perusahaan di yuridiksi bebas pajak di luar negeri ( offshore ), seperti Panama atau British Virgin Island.

Mossack Fonseca menjajakan kerahasiaan finansial kepada politikus, penipu, mafia narkoba, miliuner, selebritas, dan bintang olahraga kelas dunia, untuk mendirikan perusahaan cangkang ( shell company ) di negara-negara surga pajak. Sang pemilik biasanya menyewa orang untuk berperan sebagai manajemen di perusahaan cangkang itu.

Bagaimana Tempo Terlibat Investigasi Panama Papers? Ada 803 WNI dalam Panama Papers, Ini Nama & Perusahaannya Total ada 214.488 nama perusahaan offshore di Panama Papers yang terhubung dengan orang-orang dari 200 negara. Perusahaan Cangkang, Untuk Apa? – Mempermudah transaksi di luar negeri. – Menghindari pungutan pajak yang tinggi, baik dari transaksi maupun pendirian badan usaha. – Menyembunyikan profil. – Alat untuk mencuci uang hasil kejahatan. Modus Kejahatan Melalui Perusahaan Cangkang – Membuat transaksi palsu dengan anak usaha untuk memperkecil laba.

Tujuan akhirnya adalah mereduksi tagihan pajak. – Menciptakan lapisan-lapisan pihak yang terafiliasi dalam satu transaksi, untuk menyembunyikan dana hasil kejahatan. – Mempermudah transfer dana ke pihak yang bermasalah dengan hukum. – Menyembunyikan transaksi kriminal, seperti trafficking, korupsi, narkotika hingga terorisme.

(red//ainuddin/MZ)

loading...

Comments

comments!