4 Presiden Amerika Termiskin Sepanjang Sejarah

147

redaksi.co.id – 4 Presiden Amerika Termiskin Sepanjang Sejarah

Profesi presiden biasanya diidentikkan sebagai pekerjaan prestisius dengan gaji selangit. Belum lagi pengawalan ketat dan barikade penjagaan yang sering mengikuti setiap kali mereka bepergian. Hal tersebut pasti membuat orang berdecak kagum dan memiliki cita-cita sebagai seorang presiden.

Namun ternyata, tidak semua presiden bisa menikmati fasilitas mewah seperti yang sering Anda lihat sekarang. Beberapa presiden Amerika Serikat bahkan ada yang hanya memiliki kekayaan dalam jumlah sedikit. Siapa saja mereka?

Melansir voiceofamerica, Sabtu (9/4/2016) berikut daftarnya:

1. William McKinley (1897-1901)

Presiden Amerika Serikat ke-25

Total kekayaan: US$ 1 juta dolar setara Rp 13 miliar (kurs Rp 13.000 per dolar)

William McKinley memulai karir politiknya sebagai calon Presiden dari Partai Republik dalam pemilihan tahun 1896. Ia berhasil memenangkan lebih dari setengah suara yang pendukungnya

Dibawah komando Presiden McKinley, pemerintah Amerika Serikat sibuk dengan kegiatan-kegiatan di bidang politik luar negeri.

2. Harry STruman (1945-1963)

Presiden Amerika Serikat ke-33

Total Kekayaan: kurang dari US$ 1 juta dolar setara kurang dari Rp 13 miliar

Pada 1944, Harry Truman menjadi wakil presiden di bawah Presiden Franklin Roosevelt. Ketika Presiden Roosevelt meninggal dunia pada 12 April 1945, Harry S. Truman diangkat menjadi presiden.

Sebagai Presiden, Harry Truman mengambil beberapa keputusan yang paling berarti dalam sejarah. Salah satu keputusan terbesarnya adalah ketika ia memerintahkan pasukan Amerika Serikat untuk menjatuhkan bom atom di dua kota Jepang, Hiroshima dan Nagasaki.

3. Ulysses Simpson Grant (1869-1877)

Presiden Amerika Serikat ke-18

Total Kekayaan: kurang dari US$ 1 juta setara kurang dari Rp 13 miliar

Ulysses Grant terpilih menjadi presiden pada tahun 1869. Kala itu rakyat Amerika mengharapkan berakhirnya kekacauan yang terus saja timbul sesudah Perang Saudara.

Latar belakangnya yang berasal dari tentara menjadikan gaya kepemimpinannya sangat kental dengan budaya militer. Presiden Grant berasal dari partai republik.

4. Abraham Lincoln (1861-1865)

Presiden Amerika Serikat ke-16

Total kekayaan: kurang dari US$ 1 juta setara kurang dari Rp 13 miliar

Pada tanggal 6 November 1860, Lincoln terpilih sebagai presiden ke-16 Amerika Serikat.Namun sebulan setelah pengangkatannya, ia mendapat tantangan cukup besar. Perang saudara pun pecah di beberapa bagian Amerika Serikat.

Pada pertengahan perang saudara, Presiden Abraham Lincoln mengeluarkan Proklamasi Pembebasan yang mengubah hajat hidup orang banyak. Proklamasi itu menyatakan pembebasan semua budak yang ada di Amerika.

(Vna/Zul)

(red/aini/J)

loading...

Comments

comments!