Begini Fitur YouTube Gaming Manjakan Penggila Game

redaksi.co.id - Begini Fitur YouTube Gaming Manjakan Penggila Game Head of Product Communications Google Indonesia, Putri Silalahi, membeberkan kelebihan fitur baru dalam YouTube Gaming yang bakal...

29 0

redaksi.co.id – Begini Fitur YouTube Gaming Manjakan Penggila Game

Head of Product Communications Google Indonesia, Putri Silalahi, membeberkan kelebihan fitur baru dalam YouTube Gaming yang bakal membuat penggila game kecanduan. YouTube gaming diciptakan untuk memudahkan gamer mengeksplor konten gaming di situs selancar video terbesar itu. Ini memang didesain dan diproduksi khusus untuk komunitas game, jadi pencariannya dibuat mudah, kata dia di Surabaya, Kamis 7 April 2016.

YouTube Gaming menawarkan tiga fitur utama. Pertama ialah personalisasi user interface (UI) bagi para pecinta game. UI-nya, kata Putri, lebih fokus pada konten game. Sehingga memudahkan mereka untuk mencari dan mengeksplor titel game berdasarkan pengembang dan channel.

Kalau klik search Call of Duty, tidak nyasar ke pencarian video klip atau film dengan nama serupa, ujar Putri. Sebagai gambaran, saat ini ada lebih dari 25.000 game yang tersedia di YouTube Gaming. Sebelumnya, pencarian game bercampur menjadi satu dengan musik dan entertainment.

Fitur kedua ialah konten Live. Live adalah fitur yang penting bagi kreator dan pecinta game. YouTube Gaming memberikan pengalaman live streaming sambil chatting dengan komunitas gamer di seluruh dunia. Ini juga memberikan notifikasi agar mereka tidak tertinggal aksi selanjutnya.

Moderasi chat dan analytics real time membantu kreator untuk memonitor performa mereka. Sambil bermain, kreator bisa tahu apa yang ngehits dan bikin audiens bertahan, kata Putri.

Fitur ketiga adalah fitur Komunitas. Sejak diluncurkan bulan Agustus 2015 lalu, YouTube Gaming telah hadir di tengah event utama seperti E3, Gamescom, dan PAX. Ke depannya, akan ada lebih banyak event disiarkan secara langsung dari aplikasi ini.

Yang tak kalah penting bagi pengguna perangkat Android, aplikasi YouTube Gaming memiliki fitur Mobile Capture untuk mempermudah proses menyiarkan permainan secara langsung dari ponsel dan tablet. Kreator tidak memerlukan hardware atau software tambahan. Cukup dengan mengetuk Go Live, menyalakan kamera depan, lalu merekam commentary dengan mikrofon pada perangkat, kata Putri.

Salah satu kreator video game YouTube alias YouTuber besar asal kota Surabaya, Erdwin Susanto Wijaya, mengungkapkan kepuasannya terhadap aplikasi dan situs baru itu. Sangat keren, praktis, dan berguna, ujarnya.

Sejak 2014 ia merintis YouTube Channel bernama Ushi Gaming Channel, ia optimistis aplikasi dan situs gaming.youtube.com itu meningkatkan viewer dan interaksi audiens sesama penggila game. YouTube Gaming ini bakal memudahkan kami sebagai kreator untuk berinteraksi dengan subscriber, kata dia.

Erdwin kini menjadi seorang YouTuber fulltime. Ia dulunya menjual kebab dan bekerja di warung internet. Dari hobinya bermain game, ia pun tak menyangka rekaman videonya yang tengah bermain game Brave Frontier digemari banyak orang di luar sana. Unggahan pertama saya dalam tiga hari dilihat 3.000 orang. Sekarang, total video yang saya unggah sudah 1.726 video.

Ditambah lagi, alumnus Universitas Kristen Petra itu pun piawai berbahasa Inggris dan Jepang. Gaming channel ia desain tiga bahasa, yakni Indonesia, Inggris, dan Jepang. Orang-orang sampai tak percaya kalau saya orang Surabaya. Dikira orang Jepang beneran, tuturnya.

(red/ega/wi/riesta/VDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!