Kisah Menantu Putin Jadi Miliuner Termuda Dunia

191

redaksi.co.id – Kisah Menantu Putin Jadi Miliuner Termuda Dunia

Keluarga Presiden Rusia Vladimir Putin. Sebagian besar dirahasiakan. Pernikahan putri Putin Katerina Tikhonova dengan pengusaha Kirill Shamalov pada Februari 2013 dapat menggambarkan kehidupan Putin dan keluarganya.

Kirill Shamalov merupakan pengusaha Rusia yang sukses. Dalam usia yang belum menginjak 40 tahun, Shamalov sudah masuk daftar miliarder terkaya di dunia. Bahkan ia masuk dalam daftar miliarder termuda dunia.

Penyebab kesuksesan Shamalov untuk meningkatkan kekayaannya diduga dengan memanfaatkan statusnya sebagai menantu orang nomor satu di negeri Beruang Merah. Siapa sebenarnya Kirill Shamalov? Pria ini lahir di St.Petersburg. Ia anak bungsu dari Nikolai Shamalov, seorang teman lama Putin.

Keduanya berteman sejak tahun 1980-an ketika keduanya sama-sama bekerja di badan intelejen Rusia (KGB). Pertemanan Nikolai dan Putin berlanjut pada 1996 ketika bersama dengan enam orang lainnya mereka mendirikan Ozero, perusahaan penyewaan villa liburan di dekat St Petersburg.

Delapan tahun kemudian, Nikolai Shamalov menjadi pemegang saham dari Rossiya Bank, sebuah bank besar Rusia. Putin sebagai nasabah di bank ini. Pertemanan keduanya semakin lekat ketika putra Nikolai, Kirill Shamalov menikahi Katerina Tikhonova, anak Putin.

Keduanya menikah pada Februari 2013. Seperti yang dilansir Forbes, Kirill Shamalov mulai mendapatkan manfaat dari koneksi orang tuanya saat dia belajar hukum di St. Petersburg State University.

Pada usia 20 tahun, Shamalov diangkat menjadi kepala penasihat hukum untuk kegiatan ekonomi asing di Gazprom, perusahan raksasa gas alam milik Rusia. Setahun setelah lulus kuliah, dia kemudian ditunjuk menjadi kepala penasihat di Departemen hukum Gazprombank, bank terbesar di Rusia.

Shamalov kemudian bekerja sebagai ahli di Rosoboronexport, perusahaan yang mengatur impor dan ekspor peralatan pertahanan. Ia juga menjadi konsultan untuk Departemen Keuangan Rusia pada pengelolaan properti, privatisasi dan reformasi perusahaan milik negara.

Kariernya menanjak ketika pada Juni 2008, di usia yang ke 26 tahun, Shamalov dipercayakan sebagai wakil presiden untuk administrasi bisnis di perusahaan petrokimia Sibur. Antara 2011 dan 2013, Shamalov mengakuisisi saham 4,3% di Sibur melalui program opsi saham untuk manajer.

Setahun setelah pernikahannya dengan Tikhonova, Shamalov membeli saham 17% di Sibur dari Gennady Timchenko, sohib Putin. Ia kemudian meminjam dana dari Gazprombank dengan bunga rendah.

Shamalov membeli saham di Sibur. Sehingga ia menjadi pemegang saham terbesar dengan kepemilikan saham 21 persen. Dengan kepemilikan 21 persen saham di Sibur, kekayaan Shamalov diperkirakan mencapai S$ 1,3 miliar atau Rp 17 triliun.

Awal pekan lalu, dokumen Panama Papers diungkap ke publik internasional. Sejumlah kepala negara dan pemerintah disebut dalam dokumen yang memuat tentang modus pengemplangan pajak. Dan nama Putin serta koleganya disebut dalam dokumen itu. Putin disorot mengenai keterkaitannya dengan perusahaan offshore di firma hukum Panama. FORBES | YON DEMA | MARIA RITA

(red/ambertus/usi/urek/LLH)

loading...

Comments

comments!