Instalasi PLN Sudah Terpasang Beberapa Bulan, Namun Warga Dusun Ngotoko Belum Bisa Nikmati Listrik

 REMBANG Redaksi.co.id Kendati seluruh instalansi dan tiang listrik terpancang beberapa bulan lalu, namun warga dusun Ngotoko, desa Pasedan, Kec. Bulu yang jauh dari pusat kecamatan hingga...

21 0

 

REMBANG Redaksi.co.id Kendati seluruh instalansi dan tiang listrik terpancang beberapa bulan lalu, namun warga dusun Ngotoko, desa Pasedan, Kec. Bulu yang jauh dari pusat kecamatan hingga Jumat ini (13 Maret 2015) belum bisa menikmati pasokan listrik PLN.

Akibatnya dusun terpencil itu masih bergelap gelapan pada malam hari, karena sebagian besar pembangkit listrik tenaga surya sudah tidak berfungsi lagi. Kalau akan mengisi baterai HP, mereka terpaksa menumpang ke desa Pasedan, yang berjarak 2 kilo meter, itupun melewati jalan terjal berbatu di tengah hutan.

Sona, warga desa Pasedan Kec. Bulu yang sering menerima titipan handhone mengatakan rata rata tiap hari ada 2 atau 3 HP menumpang nge-charge. Pagi dititipkan, siang baru diambil.

Ia tidak pernah mematok bayaran, tapi semua digratiskan. Sona sendiri merasa kasihan melihat penderitaan warga Ngotoko, sehingga berharap PLN segera menyalurkan arus listrik ke dusun paling terpencil di tengah hutan KPH Mantingan tersebut.

Seorang warga dusun Ngotoko desa Pasedan Kec. Bulu, Eko Prasetyo mengaku kurang tahu pasti, kenapa listrik PLN belum juga menyala. Tapi kabarnya administrasi pembayaran dari warga pemasang listrik, belum lunas 100 %.

Ketika listrik menyala, Eko menganggap merupakan sejarah penting bagi dusun Ngotoko. Pasalnya selama puluhan tahun berjuang mengajukan listrik PLN, baru kali ini hampir terealisasi.

Suyoto, perangkat desa Pasedan menuturkan, setelah dilengkapi listrik, nantinya infrastruktur jalan juga musti diperhatikan oleh pemerintah.

Ia mencontohkan, kalau turun hujan, kondisi jalan sangat sulit dilewati. Bahkan sering anak anak sekolah memilih membolos. (Hasan)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!