Ditemukan Kebetulan, Ngarai Terbesar Dunia Ada di Greenland

redaksi.co.id - Ditemukan Kebetulan, Ngarai Terbesar Dunia Ada di Greenland Sebelumnya, Grand Canyon atau Ngarai Hijau yang ada di Arizona, Amerika Serikat, terkenal sebagai ngarai terbesar...

11 0

redaksi.co.id – Ditemukan Kebetulan, Ngarai Terbesar Dunia Ada di Greenland

Sebelumnya, Grand Canyon atau Ngarai Hijau yang ada di Arizona, Amerika Serikat, terkenal sebagai ngarai terbesar di dunia. Namun rekor itu harus ditanggalkan.

Ilmuwan berhasil mengungkap ngarai terluas dan terbesar di Greenland, Eropa Utara. Ngarai yang tertutup lapisan es sejak jutaan tahun lalu itu ditemukan secara tidak sengaja.

Sejumlah ilmuwan saat itu meneliti perubahan iklim melalui pemetaan radar di wilayah Greenland.

Menurut The British Atlantic Survey, penemuan itu merupakan hal yang sangat luar biasa karena secara geografis ngarai itu belum pernah terlihat. Ngarai ini memiliki panjang 800 kilometer dengan kedalaman 800 meter dan membentang dari pusat Greenland hingga garis pantai di bagian selatan.

Diperkirakan, sebelum lapisan es terbentuk pada 4 juta tahun lalu, di dalamnya terdapat sungai yang mengalir ke Samudera Atlantik. Lapisan es memiliki ketebalan 3 kilometer dengan lapisan yang padat, sehingga membuat pulau tersebut tenggelam di bagian tengahnya.

Sebelumnya, bagian tengah Greenland berada di ketinggian 500 meter di atas permukaan laut, tapi kini turun menjadi 200 meter. Ngarai ini menurun dengan adanya lelehan air di bagian permukaan es yang merembes dan mengalir ke arah utara.

Para glasiolog atau peneliti es mengungkapkan bahwa ngarai ini memiliki peran penting dalam membawa lelehan air dari sub-glasial ke samudera. “Menemukan sesuatu dengan skala besar adalah peristiwa sekali seumur hidup,” ujar ketua tim peneliti, Jonathan Bamber, seperti dikutip BBC .

Menurut ilmuwan British Antartic Survey, David Vaughan, permukaan es di Greenland dan Antartika menyimpan banyak hal. Dia menyebut penemuan ini sebagai seuatu yang mengejutkan. Sebabnya, Pulau Greenland yang tidak terlalu luas ternyata menyimpan obyek berukuran raksasa.

Vaughan mengatakan, ngarai diperkirakan belum pernah terjamah sejak akhir zaman es, sekitar 100 ribu tahun lalu. “Kemungkinan terdapat sejumlah unsur bakteri di dalamnya,” kata dia.

Jika meleleh, ngarai ini diprediksi bisa meningkatkan permukaan air laut hingga 7 meter serta merendam kota-kota besar di sekitarnya. Ilmuwan berharap obyek ini menjadi situs geografis yang tidak dijadikan tempat wisata untuk menjaga keasliannya. BBC | THE BRITISH ATLANTIC SURVEY | AMRI MAHBUB

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!