Ledakan Bintang Terbesar

redaksi.co.id - Ledakan Bintang Terbesar Dua studi baru menunjukkan, Bumi dibombardir puing-puing dari serangkaian ledakan bintang dengan supernova (ledakan terbesar) terdekat terjadi sekitar 2,3 juta tahun...

29 0

redaksi.co.id – Ledakan Bintang Terbesar

Dua studi baru menunjukkan, Bumi dibombardir puing-puing dari serangkaian ledakan bintang dengan supernova (ledakan terbesar) terdekat terjadi sekitar 2,3 juta tahun yang lalu.

Periode hujan benda asing ini bertepatan dengan perubahan besar dalam suhu dan fauna di Bumi, yang menunjukkan supernova (ledakan bintang terbesar) mungkin telah memainkan peran dalam evolusi planet.

Dua studi itu fokus pada iron-60, sebuah isotop radioaktif yang dihasilkan dalam fase sekarat dari sebuah bintang dan dikeluarkan ke ruang angkasa oleh ledakan dan terbawa di sepanjang ruang angkasa dalam bentuk butiran debu.

Dr Anton Wallner dari Universitas Nasional Australia (ANU) dan rekan-rekannya menganalisis sejumlah partikel iron-60 yang ditemukan hingga lima kilometer jauhnya di dalam kerak bumi dan di sedimen dasar laut. Tim ini menganalisa 10 sampel yang diambil dari Samudera Pasifik, Atlantik dan Hindia, termasuk di lepas pantai Perth.

Karena iron-60 ditemukan di setiap lautan besar, masuk akal untuk mengasumsikan adanya distribusi global yang seragam dan karena itu, mengesampingkan teori bahwa iron-60 adalah hasil dari suatu peristiwa dampak, seperti meteor, sebut Prof Anton.

Artikel tentang sejumlah partikel iron-60 yang diterbitkan pada (7/4) di jurnal Nature menunjukkan mereka berasal dari supernova (ledakan bintang terbesar) antara 3,2-1,7 juta tahun lalu, dengan adanya bukti dari supernova sekitar delapan juta tahun yang lalu.

(red/ris/ahyudianto/AW)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!